Hitung-Hitung Jumlah Supporter

0
38

.Mari kita coba bandingkan, stadion dan suporter sepakbola kita dengan lawan di final nanti!

Pertama, Stadion Utama Gelora Bung Karno terakhir direnovasi 24 Agustus 1962 dengan kapasitas penonton 88.306. Jumlah penonton terbanyak pada Piala AFF 2010 ini terjadi di laga semifinal kedua, 19 Desember 2010 lalu, dengan jumlah suporter sebanyak 88.000.

Panitia lokal (LOC) Indonesia rencananya akan menjual tiket sebanyak 77 ribu lembar untuk pertandingan final. Berapa tiket yang akan dijual untuk suporter Malaysia belum bisa dipastikan karena pada pertandingan di fase grup, pihak panitia telah menyiapkan sebanyak 5.000 tiket namun pendukung Malaysia yang datang hanya segelintir saja. Tapi kali ini suporter Malaysia dikabarkan akan memenuhi tantangan untuk datang ke SUGBK. Mereka sudah menyiapkan paket perjalanan, termasuk pengurusan paspor secara massal dengan harga yang terjangkau.

Kedua, Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Dibuka mulai 1 Januari 1998 dengan kapasitas 110.000 penonton. Dalam kompetisi Piala AFF 2010, stadion ini sudah digunakan pada laga semifinal dan hanya dihadiri sekitar 45 ribu suporter. Panitia Lokal (LOC) Malaysia akan menjual tiket final nanti sebanyak 88 ribu tiket.

Sekjen Persatuan Bolasepak Malaysia (FAM) Datuk Azzudin menginformasikan, pembagian penjualan tiket akan dibagi sebanyak 70 ribu tiket untuk pendukung Malaysia dan 15 ribu untuk pendukung Indonesia. Sementara Menlu Indonesia Marty Natalegawa berjanji akan berusaha supaya masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia bisa menyaksikan langsung pertandingan final leg pertama.

Selain dukungan dari pemerintah, bentuk dukungan juga diberikan pihak maskapai Garuda Indonesia berupa diskon harga tiket. Selain itu sedang diupayakan juga penyediaan tiket pertandingan final serta bis gratis menuju ke stadion.

Melihat dari animo pendukung sepakbola, pada semifinal lalu Malaysia hanya didukung oleh 45 ribu suporter sedangkan Indonesia mencapai 88 ribu. Ternyata pendukung Indonesia yang paling tinggi.

Ayo timnas!!!

(Berbagai sumber)

SHARE