Memilih Dinding dan Sruktur Penyusunan Batu

0
46

.Dinding menjadi hal yang cukup penting dalam membangun sebuah rumah. Pondasi yang kuat dan kokoh ditentukan oleh jenis batu yang digunakan. Interior yang direncanakan pun akan menentukan macam batu yang akan dipilih untuk menjadi rangka tempat tinggal Anda. Ada dua jenis batu sebuah bangunan, yakni batu kasar (alami) dan buatan, sedang cara penyusunannya juga terbagi menjadi dua, yaitu dengan diplester atau tidak.

Untuk Anda yang mengidam-idamkan sebuah rumah bergaya natural, maka rough stones akan memasukkan unsur alam dengan bentuknya yang masih alami. Kasar dan tidak terpoles. Kadang, retakan-retakan yang terdapat padanya justru membuat batu tersebut menjadi lebih ‘sempurna’. Rough stones difungsikan sebagaimana adanya dia saat baru diambil dari alam liar.

Berbeda dengan rough stone, finished stone tentu saja sudah tidak lagi alami. batu-batu tersebut telah mengalami perubahan bentuk dan tekstur menjadi lebih halus dan rapi. Batu ini akan lebih kokoh dan tebal karena telah mengalami proses percampuran dengan pasir. Bentuknya seperti batu bata.
    
Untuk masalah penyusunan, Anda bisa memilih dua cara membentuk struktur dinding. Untuk Anda yang menyukai kepastian dan dinding yang awet-tahan lama, maka dinding berplester akan cocok untuk rumah Anda. Dinding ini akan terkiat dan ‘dijaga’ oleh semen-semen yang dibubuhkan di antara batu-batu yang saling bertumpuk. Semen yang berfungsi seperti lem akan merekatkan bebatuan tersebut, sehingga tidak mudah goyah di kemudian hari.

Anda bisa juga menyusun batu-batu tersebut tanpa menggunakan semen. Inilah cara dry stone walls. Prosesnya tidak akan serumit seperti ketika menggunakan semen, karena Anda tinggal meletakkan batu yang satu di atas dan di samping batu yang lain. Anda cuma harus teliti, agar tidak ada ruang di antara mereka. Tekanan ketat dan padat yang dihasilkan dari batu yang satu dengan lainnya akan mencegah terjadinya pergeseran pada dinding.

Bagaimana dengan dinding rumah Anda?

(Berbagai sumber)

SHARE