Reformasi Kulinari

0
42

.Apa yang terjadi kalau masakan yang Anda bangga-banggakan ternyata justru dinilai sebagai salah satu masakan yang paling mengecewakan?? Itulah yang terjadi dengan Finlandia, salah satu dari kelompok negara-negara Skandinavia.

Dilema yang dialami oleh Finlandia tentang masakannya bermula ketika di tahun 2005 Perdana Menteri Italia, Silvio Berluscini, mengatakan pendapatnya dihadapan publik Eropa bahwa masakan Finlandia adalah yang terburuk yang pernah dicobanya. Pernyataan mengagetkan ini tak lama kemudian mendapatkan dukungan dari Jacques Chirac, Presiden Perancis kala itu.

Momen menuju kesadaran memang kadang datang dengan cara yang menyakitkan. Tapi dengan demikian, efek kesadarannya pun akan makin cepat dirasakan. Para chef dan mereka yang bergelut di dunia kulinari segera mencari jalan keluar dari masalah ini. Alih-alih bereksperimen dengan masakan demi mengejar bintang-bintang Michelin, mereka justru mendekati para petani dan kembali pada konsep terroir cooking, yaitu konsep memasak sajian khas daerah dengan menggunakan bahan-bahan berupa produk lokal.

Masalah yang dialami oleh Finlandia adalah jauhnya jarak antara masakan yang mereka ciptakan dengan para petani lokal. Selama ini mereka terlalu mengandalkan resep Nordik lama, berbagai produk kemasan dan siap saji, serta sesekali mengimpor dari negara tetangga. Itulah yang membuat masakan Finlandia terkesan tak memiliki cita rasa dan kehilangan jati dirinya. Jalur cepat telah ditempuh dan petani lokal pun kini telah menjamur di Finlandia. Simbiosis mutualisme antara petani lokal dan terroir cooking ini tak hanya mengembalikan jati diri dan citarasa seni masakan Finlandia, namun secara universal juga telah menyumbang tenaga dalam menggerakkan roda ekonomi negeri ini.

Kappeli adalah salah satu restoran yang bisa Anda kunjungi ketika Anda sedang di Helsinki. Di sini Anda bisa mencicipi masakan khas Finlandia, seperti daging rusa kutub yang dimasak dengan proses sauteed dan disajikan dengan saus rowanberry serta mashed potatoes dan sayuran segar. Sisakan ruang di perut Anda karena menu seperti elk cutlet dan salmon soup khas Finlandia juga harus Anda coba. Setelah itu Anda bisa bersantai sambil menikmati sajian minuman khas, kopi ataupun bir di area cafe dan bar Kappeli.

(Berbagai sumber)

SHARE