Susu Cegah Diabetes!

0
25

.Tidak perlu takut terkena penyakit diabetes tipe dua. Dewasa ini telah dilakukan penelitian untuk mencegah penyakit mematikan akibat pola makan yang tidak proporsional tersebut. Dalam susu, keju, yogurt, mentega, dan seluruh makanan yang terbuat dari susu banyak ditemukan kandungan asam trans-palmitoleic. Asam ini dapat melindungi, mencegah, dan menurunkan resiko terjangkit diabetes tingkat dua.

Annals of Internal Medicine mengatakan, efektifitas asam trans-palmitoleic dalam melindungi tubuh dapat meningkat hingga 60 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya kadar asam trans-palmitoleic berkesinambungan dengan seimbang dan sehatnya tingkat kolesterol dalam darah, tingkat dan jumlah insulin, sensitifitas insulin, dan masih banyak lagi.

Meski demikian, bukan berarti Anda lantas boleh berlomba-lomba mengisi perut dengan segala jenis makanan bersusu. Seorang penasehat diabetes di sebuah klinik di Inggris mengatakan, “Susu dan segala jenis makanan berbahan susu memiliki kadar lemak yang tinggi. Mengonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dan berlebihan dapat menyebabkan obesitas.” Bila ingin mulai banyak mengonsumsi susu untuk mencegah diabetes, sebaiknya pilih produk dengan kadar lemak rendah. Setiap orang harus menjaga pola makannya dengan melakukan diet seimbang yang sehat. Cukup lemak, gula, garam, serta banyak buah dan sayuran.

Apa itu diabetes tipe dua? Tubuh penderita penyakit ini tidak memproduksi cukup insulin. Bisa juga dikarenakan sel-sel dalam tubuhnya menghiraukan insulin. Insulin sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol metabolisme glukosa, yang nantinya akan digunakan sebagai energi dalam beraktivitas. Saat Anda makan, tubuh akan menghancurkan seluruh gula dan pati menjadi glukosa, yang akan menjadi ‘bahan bakar’ utama bagi sel. Insulinlah yang membawa gula dari darah ke dalam sel. Bila glukosa terbentuk terlalu banyak dalam darah, dibanding berpindah dan masuk ke dalam sel, maka hal ini dapat menimbulkan diabetes.

Meski diabetes tipe dua meresahkan, tetap kontrol jumlah asupan makanan bersusu Anda. Selain menimbulkan penyakit lain bagi tubuh, yakni obesitas, penampilan Anda pun tidak akan menarik lagi akibat berlebihan lemak.

(Berbagai sumber)

SHARE