Ya Ampun, Sekarang Ada Hard Drive 3 TB?

0
56

.Rabu kemarin (22/12), merk hard disk drive ternama, Western Digital (WD) memperkenalkan HDD SATA baru berkapasitas 3 TB ke pasar Indonesia. Produk tersebut diberi nama WD Caviar Green dan merupakan produk ramah lingkungan dengan WD GreenPower Technology. Dirancang untuk digunakan sebagai ruang peyimpanan eksternal sekunder dan untuk komputer berbasis 64 bit, Caviar Green menciptakan temperatur operasional lebih rendah dengan tingkat keandalan lebih tinggi dan kebisingan yang rendah.

WD Caviar Green didukung Host Bus Adapter (HBA) yang memenuhi Advanced Host Controller Interface (AHCI). Dengan perangkat Host Bus Adapter (HBA) tersebut, drive berkapasitas besar seperti mendapatkan dukungan yang tepat.

Umumnya penyimpanan data disimpan dalam sektor berukuran 512 byte, namun berkat perkembangan teknologi WD Caviar Green, sekarang ini media penyimpanan mempunyai sektor berukuran 4.069 byte. WD Caviar Green didukung oleh teknologi Advanced Format yang dapat menghapus blok Sync/ DAM, yaitu celah antar sektor dan 8 blok EEC yang terpisah. Berkat rancangan tersebut, maka tingkat kesalahan dalam kapasitas sama tersedia dan bisa diperbaiki.

Dengan Teknologi Advanced Format, burst error correction dapat diperbaiki hingga 50% melalui penggunaan kata kode ECC yang lebih besar. Kabar baiknya, teknologi tersebut sudah didukung untuk sistem operasi Windows Vista, Windows 7 dan Macinstosh.

Seperti yang dilansir situs berita nasional, WD juga menawarkan piranti lunak yang merupakan utilitas sederhana yang disebut WD Allign. Berkat piranti lunak tersebut, maka drive dengan Advanced Format yang bekerja dengan Windows XP dapat berfungsi dengan baik.

Produk terbaru WD ini dibandrol harga Rp. 3,5 juta dan garansi berlaku selama tiga tahun. Selain kapasitas 3 TB, WD juga masih menyediakan drive berkapasitas 2,5 TB, 2 TB, 1,5 TB dan 1 TB.

(Berbagai sumber)

SHARE