Pasta Gigi Anda, Apapun Mereknya, Pastikan Ada Fluoride-nya

0
54

.Pasta gigi telah lama menjadi sahabat setia pendamping sikat gigi dalam memenuhi kebutuhan manusia akan performa gigi yang prima. Sejarah kehadiran pasta gigi sendiri dapat ditelusuri sejak zaman peradaban Mesir Kuno, sekitar 5000 tahun yang lalu. Pada saat itu bahan pembuatan pasta gigi didapatkan dari campuran kuku lembu jantan yang telah dihancurkan, bubuk tepung, batuan apung, serta abu dari cangkang telur yang telah dibakar. Berhubung saat itu belum ada sikat gigi, maka ramuan ini diaplikasikan melalui bantuan jari-jari tangan.

Pasta gigi moderen seperti yang kita gunakan sekarang ini diperkenalkan pertamakali oleh Mr. Peabody, seorang dokter gigi ternama pada awal abad ke-18, dengan bahan dasar pembuatan dari sabun. Sebuah inovasi baru dilakukan oleh John Harris ketika dia menambahkan kapur dalam formula pembuatan pasta gigi. Di akhir abad ke-18 berdirilah Colgate, perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi secara masal dalam kemasan toples. Tak lama kemudian disusul oleh Dr. Washington Sheffield dan perusahaannya yang memproduksi pasta gigi dalam kemasan tabung yang lentur. Ide brilian ini dimanfaatkan oleh Colgate untuk menyempurnakan produk pasta gigi buatan mereka dengan mengemasnya dalam bentuk tube yang sudah mirip dengan yang sekarang kita gunakan. Colgate tak pernah berhenti berinovasi dalam menyempurnakan produknya. Setelah sebelumnya mengganti bahan dasar sabun menjadi detergen sintetik pasca Perang Dunia II, Colgate menambahkan bahan baru, yaitu fluorida, yang merupakan esensi dari semua jenis pasta gigi.

Kini, di zaman serba modern ini, seringkali kita berhadapan dengan terlalu banyak varian produk pasta gigi yang menjanjikan berbagai aksi. Pasta gigi A menjanjikan gigi prima, kuat luar biasa; pasta gigi B menjanjikan mulut segar dan harum bagai kuntum bunga; sementara pasta gigi C berkata bahwa dia bisa membuat gigi Anda seputih dan seindah mutiara. Sebuah pilihan yang membingungkan bukan??

Dengan berbagai macam bahan yang ada dalam pasta gigi, kita tetap harus memperhatikan satu nama: fluoride. Apapun merek dan kebutuhan Anda (gigi putih; nafas harum dan segar; menguatkan gigi dan gusi; membersihkan karang gigi; mencegah gigi berlubang; menghilangkan bengkak gusi; mencegah gusi berdarah; you name it…) pastikan pasta gigi Anda mengandung fluoride, sebab kandungan zat ini sangat ampuh untuk mengurangi potensi kerusakan gigi. Ingat, apapun merek dan kebutuhan gigi Anda, pastikan ada fluoride-nya.

(Berbagai sumber)

SHARE