5 Kebiasaan Untuk Kurangi Rasa Sakit

0
23

.Jika rasa sakit merupakan bagian dari kehidupan Anda sehari-hari, Anda tidak sendirian dan tidak usah takut. Jutaan manusia menderita sakit sendi, migrain, fibromyalgia (sakit pada otot dan jaringannya), nyeri punggung dan kondisi kronik lainnya, yang dirasakan hampir sepanjang hari. Beberapa diantaranya telah mengetahui bagaimana cara menghadapinya supaya dapat hidup dengan wajar dan berkembang. Berikut ini adalah lima cara mengurangi rasa sakit tersebut sehingga membuat hari Anda lebih baik.

1. Tidur

Hari yang baik dimulai dengan istirahat yang cukup. Tidur menyebabkan tubuh memperbaiki diri sendiri. Normalnya 8 hingga 9 jam dengan tanpa gangguan saat tidur sehingga terasa segar saat bangun dan siap menghadapi hari. The National Sleep Foundation menginformasikan,”Jika tidur terganggu, maka tubuh tak punya cukup waktu untuk memperbaiki otot, konsolidasi memori dan melepaskan hormon pertumbuhan dan nafsu makan.” Tapi seringnya rasa sakit membuat tidur menjadi sulit. Terapkan teknik cara tidur sehat seperti:

  • Hindari kafein dan alkohol
  • Buat jam tidur dan waktu bangun yang tetap
  • Buat kamar tidur Anda senyaman mungkin
  • Matikan dan hentikan segala hal yang berhubungan dengan aktifitas, seperti televisi, buku, olahraga, dan lainnya beberapa jam sebelum tidur
  • Jika masih sulit tidur, tanyakan dokter mengenai cara lain untuk mencapai tidur yang baik.

2.Olahraga
Rutinitas dalam olahraga, seperti aerobik, latihan beban, keseimbangan dan keluesan merupakan kunci untuk menjaga otot, tulang, saraf dan jantung tetap dalam kondisi baik, serta menjaga sendi tetap terlumasi. Buat jadwalnya dan jadikan olahraga sebagai prioritas utama.

3.Meditasi
Penelitian menunjukkan meditasi memiliki efek yang kuat bagi pikiran untuk mengurangi sakit. Melatih meditasi dengan cara mengatur pernapasan telah terbukti efektif dapat melatih otak supaya lebih konsentrasi dan mengurangi dampak buruk masa tua. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan depresi yang bisa menambah rasa sakit.

Meditasi itu mudah dan baik bagi siapa saja, tanpa mempedulikan status kesehatan, umur dan agama. Banyak buku dan situs yang mengajarkan meditasi sederhana untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

4.Nutrisi
Jadikan setiap makanan Anda penuh dengan nutrisi atau zat yang dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan dan berkembang. Seperti:

  • Tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran
  • Hilangkan menu makanan cepat saji
  • Sediakan segala hal yang berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak
  • Fokus pada makanan yang baik buat Anda
  • Tingkatkan ilmu cara menyajikan dan membuat makanan agar lebih menarik dan bervariasi.


5.Lakukan Sesuatu Yang Baru

Pengalihan perhatian merupakan teknik yang baik untuk mengurangi rasa sakit. Orang yang fokus terhadap sakitnya akan merasa lebih merasa sakit daripada orang yang sibuk dan fokus pada hal lain.

  • Mulailah hobi yang baru. Pelajari hal baru seperti, menjahit, menenun, melukis, bahasa baru dan lainnya. Tantangan ini membuat pikiran Anda menjauhi rasa sakit.
  • Ulurkan tangan kepada yang lain. Ini adalah cara yang terbaik untuk membuat perasaan Anda tetap semangat. Bergabunglah dengan lembaga sosial atau yayasan amal favorit Anda dalam setiap kegiatannya. Hal ini akan membuat Anda sibuk, menjaga silaturrahmi dengan komunitas dan kesempatan bagi Anda untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain.

Sakit pasti ada obatnya. Keajaiban akan datang jika niat dan caranya benar. Ayo semangat lagi!

(Berbagai sumber)

SHARE