Ada Apa Timnas? Riedl Menjawab

0
29

.Pertandingan yang menyedihkan bagi timnas Indonesia, leg pertama final piala AFF 2010 yang berlangsung di Bukit Jalil, Malaysia, berakhir dengan kemenangan Malaysia 3-0. Dua gol oleh Safee Sali dan satu gol oleh Ashari Samsudin.

Pasukan sepak bola Merah Putih yang mampu menganyang Malaysia di babak penyisihan grup 5-1, tak mampu mengulang kepiawaiannya. Apakah yang terjadi? Apakah mungkin karena sinar laser yang dari babak pertama sampai dengan awal babak kedua menembaki para pemain? Apakah memang timnas hanya jago kandang? Inilah jawaban pelatih timnas Alfred Riedl seusai pertandingan.

Apakah bermain di luar kandang untuk pertama kalinya memberikan dampak yang besar? “Kami tidak bermasalah bermain di sini. Kontrol pertandingan masih ada pada kami sampai Malaysia mencetak gol pertama. Tapi karena kesalahan individual oleh salah satu pemain belakang membuat permainan berubah. Pertandingan berlangsung normal di babak pertama sampai dengan awal babak kedua. Tapi setelah mereka memimpin 1-0, ini merubah segalanya. Malaysia menjadi lebih percaya diri dan pertahanan kami menjadi semakin tidak teratur.”

Mengenai sinar laser yang diarahkan ke para pemain timnas? “Tentu saja, sinar laser mempengaruhi permainan kami tapi saya pikir gol pertama itulah yang paling berpengaruh. Nanti saya akan tanyakan para pemain seberapa besar dampak sinar laser itu. Saya pikir penggunaan sinar laser terhadap lawan merupakan hal buruk bagi dunia olahraga khususnya sepakbola dan saya harap hal ini tidak terjadi lagi.”

Dalam kesempatan lain Riedl juga mengungkapkan faktor nonteknis yang berpengaruh terhadap menurunnya performa pemain timnas, seperti agenda tak penting dari PSSI dan banyaknya permintaan wawancara pada pemain, yang tentu saja mengganggu konsentrasi pemain. Para pemain seperti kurang terlindungi dari kejaran wartawan, mulai dari pinggir lapangan latihan sampai di dalam pesawat.

Riedl juga menambahkan dalam jumpa pers,”Para pemain telah siap secara mental untuk pertandingan kedua. Dua menit setelah pertandingan, mereka mengatakan, di Jakarta nanti harus menang. Masih ada kesempatan dan semuanya bisa terjadi, ini adalah sepak bola.”

Ayo timnas kami tetap mendukungmu!!!

(Berbagai sumber)

SHARE