Anak Remaja VS Acara Keluarga!

0
35

.Hawa liburan telah terasa. Bahkan, mungkin ada beberapa di antara Anda yang telah mulai berlibur sejak sebelum Natal hingga nanti melewati tahun baru. Sederhana saja yang Anda inginkan pada malam tahun baru tersebut nanti, yakni berkumpul bersama anak-anak.

Kenyataannya, semakin bertambah usia anak, ia akan semakin enggan meluangkan waktu bersama orangtuanya. Jangan berharap buah hati Anda bersedia diam di rumah, menonton acara televisi menyambut datangnya tahun yang baru dengan Anda dan pasangan.

Semua usaha Anda untuk menarik perhatian dan minatnya dengan menyiapkan pesta ‘barbeque‘, bakar jagung dan ikan sepertinya tidak ada gunanya. Tentu saja, karena ia pasti akan lebih memilih pergi dan mengelilingi kota beramai-ramai dengan teman-teman sebayanya dari sore hingga pagi setelah tahun baru.

Meski tidak bisa berkumpul dengan anak pada malam tahun baru, Anda tetap bisa ‘menculiknya’ dan menjalankan liburan dengan seluruh anggota keluarga. Caranya, buatlah janji dengannya dari sekarang. Katakan, bahwa pada tanggal 1-3 Januari nanti Anda berencana mengajak dia, sang adik, dan pasangan untuk wisata ke Bandung atau tempat wisata lainnya.

Bila anak mencoba mengelak dengan alasan tanggal 1 Januari nanti ia masih akan kecapekan akibat begadang semalaman, maka katakan padanya untuk segera pulang ke rumah setelah merayakan tahun baru, sehingga tidak akan terlalu letih.

Usul yang jenius, bukan? Anda akan kembali ‘mendapatkan’ buah hati pada tanggal 1 Januari 2010 dan ia tidak akan kuasa menolak rencana liburan keluarga tersebut, karena melewatkan tiga hari dua malam berwisata di Bandung dengan tidak menanggung biaya sepeser akan dirasa terlalu merugikan untuknya, meski ia harus menjadi ‘anak baik’ dan menuruti Anda sebagai orangtuanya di sana.

Menetapkan janji jauh-jauh hari juga perlu dilakukan, agar anak tidak bisa menolak ajakan tersebut dengan berkilah, bahwa ia sudah ada janji pergi dengan teman-temannya pada hari yang sama. Toh, Anda sudah membuat janji dan mem-book dirinya jauh hari sebelumnya.

Meski sulit dan seperti menghadapi artis tenar, anak akan ‘enggan’ berjauhan dari Anda dan acara keluarga, bila Anda tahu cara-cara jitu dan menggoda bagi anak remaja seukurannya.

(Berbagai sumber)

SHARE