Be A Truly Smart Shopper!

0
35

.Belanja adalah suatu kebutuhan, namun bagi sebagian orang, belanja adalah hobi dan kecanduan. Rasa bahagia dan puas setelah berbelanja adalah sesuatu yang wajar. Namun ketika rasa bahagia itu berubah menjadi bencana karena anda tersadar bahwa keuangan melilit dan barang-barang yang anda beli tidaklah penting, anda dapat dikatakan sebagai shopaholic. Euforia dari berbelanja gila-gilaan sesungguhnya hanya berlangsung selama beberapa menit, maksimal satu jam. Setelah itu anda keletihan memutar otak untuk mengatur is dompet dan lemari anda. Bagaimana berbelanja yang bijaksana? Berikut ini tips untuk membantu anda menghemat waktu, uang dan ruang.

1. Make a careful planning. Sebelum pergi berbelanja ada baiknya anda membuat daftar hal yang perlu anda beli. Ini mungkin terdengar klise, tapi manfaatnya cukup terasa jika anda teguh berpedoman pada daftar tersebut. Kadang, anda mungkin menginginkan sesuatu yang tidak benar-benar anda butuhkan, tetapi jika itu membuat anda senang dalam jangka waktu cukup panjang, maka itu berharga. Misalnya anda tak membutuhkan sebuah arloji baru, namun karena tergoda sale maka anda membelinya sebagai bentuk investasi. Hal seperti ini tak apa dilakukan karena jam tangan dan perhiasan sifatnya longlasting. Jika little black dress anda sudah terlalu sering dipakai, atau pumpshoes anda sudah terlihat usang, silakan membeli yang baru. Beli flatshoes seharga 500 ribu rupiah bukanlah suatu kesalahan selama warnanya netral dan dapat dipakai dengan pakaian apapun. Ingat, membeli basic items tidak akan membuat anda menyesal, karena akan sering digunakan.

2. Know your size well. Hal mendasar seperti ini memang perlu dipelajari karena akan memudahkan proses berbelanja. Beli pakaian yang sesuai dengan keadaan tubuh anda detik ini akan jauh lebih baik. Belilah sesuatu yang menunjukan fitur baik dan menutupi kekurangan tubuh anda. Jangan membeli dress dengan size S jika anda pemilik tubuh M atau L, meskipun sedang dalam program diet. Jika memilih suatu barang, pertimbangkan apa yang bisa dipakai dengan barang tersebut. Bayangkan isi lemari dan lihat baju yang akan dibeli, lalu mix and match di dalam pikiran anda. Hal seperti ini akan memudahkan anda membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan.

3. Bye bye fashion victim. Jika anda memang seorang fashion lover, anda tak perlu membeli semua yang tampil di majalah atau semua yang sedang hype. Memakai apapun yang sedang tren tanpa melihat bentuk tubuh anda hanya akan membuat anda menjadi fashion disaster. Anda dapat mengambil satu atau dua esensi dari setiap musim. Misalnya, dari tren musim gugur anda dapat membeli boots dan coat, saat musim semi anda bisa membeli makeup warna cerah dan flowy dress, saat musim panas anda bisa berburu wedges dan maxi dress, lalu musim dingin pilih saja shawl dan topi yang unik. Selebihnya, anda hanya perlu membeli basic items dan pakaian yang cocok dengan kepribadian anda. Memadukan vintage clothes dengan branded thingy juga merupakan ide cemerlang. Lihat saja Alexa Chung, Anne Hathaway, Chloe Sevigny dan Rachel Bilson yang tetap uber-stylish dengan cara tersebut. 

4. Cash money, please. Jangan gunakan kartu kredit karena akan membuat anda menjadi seorang yang pelupa akan keadaan keuangan. Kendalikan hasrat dan pengeluaran dengan menggunakan uang tunai saat berbelanja. Ambil uang sesuai dengan jumlah yang mencakup daftar yang telah anda buat. Jangan mudah tergoda dengan home shopping di televisi yang akan menguras kartu kredit anda.

5. Think twice! Jika anda melihat sesuatu yang menarik dan memompa jantung anda baik itu pakaian atau gadget sekalipun, pikirkan baik-baik apakah itu memang bagus dan penting. Ambil beberapa menit untuk berpikir, sekalipun anda adalah seorang yang berkecukupan dan punya pundi-pundi uang yang sangat banyak. Perkirakan nilai produk dan kebutuhan anda. Jika anda tidak dapat menemukan alasan mengapa anda perlu beli barang tersebut selain karena anda menyukainya, maka tinggalkan saja dan fokus dengan daftar belanja anda. Berbelanja dengan bijaksana selalu memungkinkan anda untuk menghabiskan sedikit waktu dan mengontrol pengeluaran sia-sia untuk sebuah barang yang tidak betul-betul dibutuhkan.

Have a great shopping time, smart shopper!

(Berbagai sumber)

SHARE