Ten Goes By… So Slowly

0
37

.Bagi para pengoleksi jam tangan, tentunya sulit sekali berpaling dari pose menantang jam tangan dalam lembar halaman iklan. Apa yang bisa membuat kita tidak menyukai jam tangan?? Dan tak peduli berapa kali pun kita melihatnya, sebuah jam tangan baru selalu saja bisa menarik perhatian kita.  Yang melingkar di pergelangan tangan statusnya masih lumayan baru, dan yang di kotak penyimpanan belum terlalu lama juga. Ada yang berdesain sederhana, ada yang terlihat teknis, namun ada juga yang terlihat super canggih. Yang hitam atau yang biru, yang berantai atau bertali kulit, sepertinya semuanya sudah ada juga. Namun entah mengapa sepertinya kemanapun kita mengalihkan pandangan, selalu saja ada jam tangan baru yang menunggu. Kalau sudah seperti ini, siapa yang tak tergoda??

Walaupun banyak sekali jurus dan rayuan yang dilemparkan oleh jam tangan, namun ternyata mereka selalu menggoda dengan satu cara: memasang sebuah senyuman. Kalau Anda perhatikan, wajah jam tangan selalu saja tersenyum, dengan jarum jam menunjuk angka 10 dan jarum menit menunjuk angka 2 dalam setiap iklan maupun ketika masih dalam rak pajangan. Sebuah mitos sempat dipercayai bahwa angka ini menunjuk pada angka ketika Presiden Amerika Abraham Lincoln meninggal dunia. Namun angka ini bukan milik eksklusif Abraham Lincoln, karena angka 10:10 juga dipercayai sebagai waktu kematian John F. Kennedy dan Martin Luther King.

Tentu saja semua hal tersebut hanya isapan jempol semata karena ada sebuah jawaban yang sangat masuk akal meskipun ternyata sungguh sederhana.Pada umumnya nama dan logo jam tangan biasanya berada di bawah angka 12, maka jarum jam di angka 10 dan jarum menit di angka 2 adalah sebuah kombinasi yang sempurna untuk membingkainya. Selain itu pose jarum 10:10 pada jam tangan juga akan menghasilkan efek seolah-olah dial jam tangan tersebut memberikan senyum termanisnya untuk Anda.  Sebuah langkah taktis yang memberikan efek praktis dan estetis. Lambat laun hal ini menjadi seperti sebuah hukum tak tertulis dimana semua orang, semua fotografer, akan mengabadikan pose jam tangan dalam tanda waktu 10:10.

Perusahaan jam tangan Hamilton (yup, Anda benar, jam tangan yang dipakai oleh Ryan Reynolds di film Buried) adalah salah satu produsen jam tangan yang paling awal mengadopsi konsep ini. Hal tersebut diketahui dari sebuah iklan jam tangan Hamilton tahun 1926. Namun ternyata 10:10 bukanlah satu-satunya pose favorit produsen jam tangan. Timex menggunakan tanda  waktu 10:09:36 sebagai tanda waktu resmi mereka yang berlaku untuk semua jam tangan, bahkan yang versi digital juga.  Sedangkan di Rolex, jam tangan akan selalu terfoto dalam pose 10:10:31, dan untuk produk jam tangan Rolex yang dilengkapi dengan  penunjuk hari dan tanggal makan akan selalu menunjukkan hari Minggu tanggal 18.
 
Jadi, senyuman jam tangan merek apa yang paling menggoda Anda??

(Berbagai sumber)

SHARE