Glenn Fredly Berpesan "Jadilah Terang"

0
61

.Masih lekat dalam ingatan kita kala nyong Ambon bersuara merdu ini terlihat kurus dan pilu saat mengabarkan sebuah berita tentang rencananya untuk mundur dari dunia musik. Namun itu sudah berlalu. Sama seperti yang ditulis di halaman websitenya, “Kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, hari ini adalah anugrah. Nikmati dan jalani hari ini”, Glenn membuktikannya dengan performa prima di edisi I Like Monday penutup tahun 2010.

Di Hard Rock Cafe, EX Plaza, Glenn kembali menyapa para penggemarnya setelah sebelumnya lama tak beredar di blantika musik Indonesia dan bahkan menyatakan kepensiunannya. Dia bercerita bahwa dalam jeda masa absennya itu para penggemar masih bisa melihat kehadirannya melalui beberapa video di YouTube, serta berbagai buah pikirannya di twitter. “Lebih terjangkau, lebih personal, dan sebagai bentuk power of independen,” katanya.

Entah berapa belas lagu yang dilantunkan Glenn malam itu karena setiap tarikan nada dan suara yang dia kumandangkan seolah membius crowd yang luar biasa ramai. Setelah mengganti lirik lagu Selamat Pagi Dunia menjadi “Selamat Malam, Hard Rock Cafe” dan menyapa para pengunjungnya, Glenn berturut-turut memberondong pengunjung Hard Rock dengan beberapa hitsnya yang berbalut suara merdu dan energi membara di atas panggung. Ditambah sesekali terdengar teriakan “Januari” diarahkan ke Glenn, berharap dia akan menyanyikan lagu super pilu itu.

Tapi malam itu Glenn tak ingin larut dalam kesedihan cinta. Kesedihannya malam itu dia tujukan untuk bangsa Indonesia yang akhir-akhir ini sering sekali terluka. Lebih jauh dari kekalahan 3-0 Timnas kita atas Malaysia, kesedihan kali ini lebih jauh lagi, menyangkut toleransi serta rentetan bencana.

Glenn Fredly melingkarkan pita hitam di lengan kanannya sebagi bentuk penolakannya terhadap matinya Bhineka Tunggal Ika karena dia percaya bahwa hidup berdampingan adalah sebuah hal mutlak dalam berbangsa. Kemudian dia memanggil Sandhy Sondoro untuk bergabung di atas panggung dan menjadi tamu kejutan di Konser Damai-nya. Mereka berdua menyanyikan Let’s Say Love dengan merdu, diiringi petikan gitar dan gambar video sosok Glenn, Sandhy, dan Endah N Rhesa, serta sebuah pesan perdamaian dari Desmond Tutu dan mendiang Gus Dur.

Untuk menutup rasa pilunya pada anak-anak korban gempa di Mentawai, Glenn Fredly membawakan lagu Knocking on Heavens Door dalam irama reggae. Dalam rasa haru yang biru, malam itu Hard Rock larut mengumandangkan Knock-knock-knockin’ on heaven’s door.

(Ghiboo)

SHARE