Mie Instan Sebagai Makanan Dunia

0
46

.Mie instan merupakan makanan favorit bagi sebagian besar masyarakat dunia. Hampir di seluruh dunia Anda bisa menemukannya. Yang berbeda hanyalah rasa, yang disesuaikan dengan kondisi kuliner setempat.

Mie instan diciptakan oleh Momofuku Ando. Ia lahir di Taiwan pada 1910 dan pindah ke Jepang tahun 1933. Setelah perang dunia II, ia mendirikan Nissin Food Products Co. yang bertujuan untuk menyediakan makanan yang murah dan untuk masyarakat luas. Produk terkenalnya yaitu mie gelas yang dikeluarkan tahun 1971. Momofuku Ando telah meninggal di usianya yang ke-96 akibat serangan jantung.

Kini produk mie instan sudah sangat berkembang, baik kualitas maupun produksinya. WINA (World Instant Noodles Association) yang didirikan pada bulan Maret 1997 adalah wadah untuk para produsen mie instan dunia. WINA merupakan nama baru dari IRMA (International Ramen Manufacturers Association) yang sudah mengadopsi standar internasional untuk mie instan. Standar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mie instan (yang lebih sehat dan bervariasi) serta meningkatkan jumlah konsumsi.

Anggota WINA dengan tingkatan paling tinggi yaitu Gubernur saat ini terdiri dari: Acecook (Vietnam), LLC Mareven Food Central (Rusia), Monde Nissin Corporation (Filipina), Nestle Products (Malaysia), Nissin-Ajinomoto (Brasil), Nissin Foods Holdings (Jepang), Nong Shim (Korea), PT. Indofood Sukses Makmur (Indonesia), Thai President Foods (Thailand), Tingyi Holding Corporation (Cina), dan Uni-President Enterprises Corporation (Taiwan). Selanjutnya anggota biasa berjumlah 56 anggota. Anggota spesial, Cina dan Jepang, dan anggota asosiasi berjumlah 92.

Mie instan makanan yang portable, mudah dimasak, murah dan tahan lama dapat menjadi jawaban untuk masalah kurang pangan dan kelaparan di dunia. Seperti yang dikatakan para anggota WINA yang hadir di konferensi tingkat tinggi mie instan di Kuala Lumpur April, 2010, lalu.
 
Dalam rangka menjamin keamanan pangan, WINA secara aktif melakukan penelitian dan berbagi data dan informasi yang terkait. Selain itu, asosiasi ini juga berusaha memberikan mie instan sebagai ransum darurat untuk mereka yang terkena dampak bencana alam.

Setuju?

(Berbagai sumber)

SHARE