Sssstt… Jangan Berisik!

0
44

.Mengapa anak-anak suka membuat gaduh? Makhluk-makhluk kecil ini seperti kecanduan oleh keramaian, suara bising, dan hingar bingar yang memekakkan telinga. Buktikan saja, anak mana yang tidak suka meniup dan mendengar suara terompet dan ledakan petasan saat tahun baru nanti?

Meski terkesan wajar, namun sering mendengar suara-suara bising bervolume tinggi dapat berbahaya bagi tubuh seseorang. Ia akan sering stres, cepat merasa lelah, bermasalah dengan kesehatan mentalnya, pusing, mual, dan kemungkinan melemahanya atau kehilangan daya pendengaran sedikit demi sedikit.

Selain itu, berteriak dapat mengganggu ketenangan dan aktivitas orang lain. Kontrol suara anak Anda. Bila Anda membelikannya terompet tahun baru, ada baiknya Anda melarangnya untuk meniupnya saat di rumah ada anggota keluarga lain yang sedang tidur atau berkonsentrasi mengerjakan sesuatu.

Tidak hanya itu, pertimbangkan pula perasaan tetangga-tetangga Anda. Terlebih saat anak mulai bermain petasa. Tidak semua orang menyukai bunyi petasan. Minta anak memberikan sedikit toleransi bagi orang-orang di sekitar yang mungkin beresiko mengidap penyakit jantung. Suara petasan yang mengagetkan akan membuat jantung orang tersebut terasa sangat sakit.

Begitu pula saat berjalan-jalan ke tempat-tempat umum. Ajarkan anak untuk menahan diri agar tidak membuat keributan dengan berteriak. Selain mengganggu, beberapa orang menganggap bentakan dan teriakan sebagai suatu penghinaan dan terkesan tidak sopan. Perpustakaan, museum, rumah sakit, tempat ibadah, pemakaman, bioskop, teater, dan arena olahraga yang membutuhkan keheningan, seperti tenis merupakan tempat yang harus diwaspadai oleh Anda saat membawa buah hati ke sana. Tidak perlu membuatnya bisu selama berada di tempat-tempat tersebut, cukup menasehatinya untuk bersuara dalam kadar volume secukupnya.

Tidak hanya merusak telinga orang lain, suara gaduh tersebut juga akan merusak telinga si kecil. Saat mendengarkan musik menggunakan earphone, coba berada di sebelahnya. Bila musik masih terdengar oleh Anda, yang tidak memakai earphone yang sama, maka minta buah hati Anda untuk mengecilkan volume suara dari pemutar musik tersebut. Hati-hati, gendang telinga si kecil bisa pecah, bila mendengar suara yang terlalu berisik.

Demi kenyamanan dan kesehatan bersama, perbolehkan si kecil untuk berisik hanya pada tempat dan waktu yang tepat dengan frekuensi yang tidak terlalu berlebihan.

(Berbagai sumber)

SHARE