Tips Belanja Mainan

0
30

.Ingatkah Anda pernah merengek untuk dibelikan mainan oleh orangtua Anda? Pasti di antara Anda ada yang dimanjakan dengan mainan, apapun yang Anda minta pasti dipenuhi. Namun pasti ada juga di antara Anda yang sering minta, tapi tidak dibelikan. Yang lebih parah lagi, Anda tidak minat dengan mainan meskipun orangtua selalu membelikan (Tidak tahu terima kasih ya? Haha bercanda..)

Tidak semua orang suka daging, tidak semua orang juga suka sayuran. Ada yang suka dengan mainan, ada juga yang tidak. Begitulah hidup. Jika Anda hingga saat ini masih suka membeli mainan, mungkin bukan untuk dimainkan tapi dipajang. Pastikan Anda simak tips membeli mainan berikut ini:

1. Ketahui Minat Anda

Anda suka tipe mainan seperti apa? Mobil-mobilan seperti Hotwheels, Gashapon (mainan kecil), SOC (Die Cast), action figure, atau patung? Anda tidak perlu mengoleksi semua jenis dan tipe, cukup karakter dan tipe yang Anda suka saja dan tentunya sesuai anggaran.

2. Siapkan Dana Yang Cukup Besar
Harga mainan saat ini tidaklah murah. Minimal untuk sebuah action figure, Anda perlu siapkan dana Rp. 250 ribu. Bila Anda suka dengan SOC, paling tidak sediakanlah dana minimal Rp. 500 ribu. Angggaran dana akan membengkak bila Anda suka dengan patung. Wah kalau itu, Anda perlu siapkan dana minimal Rp. 2 juta.

3. Jangan Kalap
Di Jakarta, ada tiga kali pameran mainan setiap tahunnya. Jika Anda datang setiap kali pameran berlangsung, pastikan Anda punya target ingin membeli apa. Namun, jika Anda tidak menemukan incaran Anda, jangan takut! Anda bisa akses forum lokal tempat mereka para penjual dan kolektor mainan berkumpul.

4. Jangan Buka Kotaknya
Jika Anda ingin mendapatkan uang dari hobi Anda ini, pastikan untuk tidak membuka kotak mainan yang sudah dibeli. Nilai mainan tersebut akan naik seiring keadaan pasar. Jika sudah langka, harganya bisa selangit, bak perangko kuno.

5. Harap Dipajang
Jika Anda ingin teman dan tamu yang berkunjung ke rumah menghargai koleksi Anda, sebaiknya koleksi Anda tersebut dipajang di sebuah etalase kaca. Namun, jika Anda tidak ingin koleksi-koleksi tersebut kotor oleh debu, sebaiknya dimasukkan kembali ke kotaknya setelah Anda mainkan.

Semoga tips-tips berikut berguna untuk Anda. Harap diingat, tips-tips tersebut berlaku untuk semua koleksi, tidak hanya mainan, lho.

(Ghiboo)

SHARE