Diet Sehat Pesepeda

0
26

.Anda berangkat ke kantor naik sepeda? Pastikan Anda melakukan pemanasan yang baik sebelum berangkat. Selain itu Anda juga perlu meningkatkan stamina, salah satunya dengan berdiet.

Sebelumnya kit perlu mendefinisikan kata diet terlebih dahulu. Diet adalah tentang asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehari-hari. Kita tidak membicarakan tentang membatasi diri Anda untuk menurunkan berat badan yang berakibat pada kebugaran tubuh.

Tidak sulit kok memilih makanan yang tepat untuk memaksimalkan kinerja bersepeda. Berikut panduan sederhana untuk diet sehat yang berlaku untuk semua orang. Pedoman ini bisa diikuti oleh semua orang khususnya pesepeda. Diet sehat menekankan pada buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, serta produk susu rendah lemak termasuk daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang, telor, dan kacang-kacangan. Sedangkan hal-hal yang perlu dikurangi adalah lemak jenuh dan lemak trans, kolesterol, sodium dan gula.

Panduan diet sehat berikut merupakan diet sekitar 2000 kalori per hari. Sebagai pesepeda, kita sebenarnya mungkin perlu sampai 4000 kalori, tergantung pada beban pelatihan. Kalori tersebut harus datang dari sumber-sumber berikut:

  • 30% buah dan sayur
  • 30% roti, kentang, beras dan pasta
  • 15% daging dan ikan
  • 15% susu dan produk susu lainnya
  • 10% lemak dan makanan manis

Sebagian besar dari diet Anda harus terdiri dari buah-buahan dan sayuran. Kebanyakan orang, bahkan atlet sekalipun masih kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Minimal Anda harus mengkonsumsi 2,5 mangkuk sayuran/ hari dari berbagai berbagai sumber seperti sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan kering dan kacang polong. 2 mangkuk buah juga diperlukan setiap hari. Usahakan memakan buah utuh, jangan dari jus.
Anda juga harus makan biji-bijian termasuk roti, sereal, kerupuk dan pasta. Untuk biji-bijian, Anda makan minimal 6 ons/ hari, setengahnya harus berasal dari gandum, beras merah, dan jagung.

Daging dan ikan adalah sumber utama protein yang penting untuk pemulihan. Ikan mengandung asam lemak omega-3 sangat bermanfaat dan harus dikonsumsi minimal dua kali seminggu. Daging dan unggas juga merupakan sumber yang baik, tapi perhatikan lemak yang terkandung didalamnya. Dan jangan lupa untuk menyantap buncis, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji untuk tambahan protein.

Susu dan produk susu lainnya menghasilkan dosis kalsium yang baik dan diperlukan untuk tulang yang kuat serta sehat. Pilih sumber susu rendah lemak seperti susu bebas lemak atau yogurt rendah lemak atau bahkan keju. Pedoman diet sehat mengatakan untuk mengonsumsi 3 cangkir susu dan produk susu sehari-hari.

10% dari kalori Anda sehari-hari harus berasal dari lemak. Cobalah untuk mendapatkannya dari sumber lemak tak jenuh tunggal seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak sayur. Batasi konsumsi lemak jenuh kurang dari 10% dari total kalori dan menjaga asupan kolesterol kurang dari 300mg per hari.

Gula adalah bentuk umum dari karbohidrat dan harus datang terutama dari buah-buahan, sayuran, dan gandum. Perhatikan bahan-bahannya karena banyak makanan telah ditambahkan gula dan pemanis buatan yang berkontribusi terhadap peningkatan kalori dengan hampir tidak memiliki nutrisi.

(Berbagai sumber)

SHARE