Arsitektur Kuno Inggris Berunsur Magis

0
71

.Tidak hanya rumah arsitektur kuno di Indonesia – seperti rumah gadang, joglo, dan lain sebagainya – yang menarik untuk diajdikan panduan dalam membangun sebuah rumah. Rumah kuno di Inggris ternyata cukup memiliki nilai seni dari segi arsitektur.

Salah satu jenisa rumah tersebut adalah rumah dengan tipe Pondok Cotswold (Cotswold Cottage). Arsitektur jenis ini merupakan bagian dari rumah tipe Tudor Revival. Awal mula penamaan adalah pembangunan pondok-pondok pada abad pertengahan di daerah Cotswold, barat daya Inggris.

Keindahan dan keunikan gaya rumah abad pertengahan ini menginspirasi para arsitek Amerika untuk menciptakan rumah-rumah pedesaan versi modern. Cotswold Cottage menjadi populer di kalangan masyarakat antara tahun 1920-1930-an.

Gaya Pondok Cotswold biasa disebut juga sebagai Storybook Style, Pondok Hansel dan Gretel, Pondok Tudor, Pondok Pedesaan Inggris, dan Pondok Ann Hathaway. Melihat pondok ini Anda akan langsung merasa seperti berada di negeri dongeng yang penuh mistik, namun berseni.

Rumah tersebut memiliki beberapa ciri khas yang dapat langsung membedakannya dengan jenis rumah lain. Atapnya biasa dibuat miring dan tidak rata. Bila Anda perhatikan, arsitektur Pondok Cotswold banyak bermain pada bagian atas dengan memberikan tekstur atap yang bertingkat dengan pucuk genteng yang sangat curam dan lancip.

Dinding terbuat dari batu bata, bebatuan, ataupun papan plester. Dekat pintu depan yang notabene berukuran rendah dan melengkung, terdapat cerobong asap yang kokoh dan menjulang tinggi, seperti hidung pada wajah manusia. Tidak seperti kebanyakan cerobong asap pada rumah modern yang diletakkan di bagian atap rumah. Dinding juga berhiaskan banyak jendela kecil berrangka. Saat memasuki bagian dalam rumah, Anda akan merasa kagum dengan dinding yang sengaja dibuang sedikit miring di lantai tingkat atas.

Bila Anda terobsesi dengan dunia dongeng dan budaya Inggris, maka rumah berarsitektur Cotswold ini akan sesuai untuk Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE