Kudapan Kaya Kalsium

0
45

.Rasanya sebagian besar orang suka ngemil, hanya saja biasanya mereka makan kudapan yang kurang sehat dan tepat untuk kesehatan tubuh. Ada yang suka ngemil gorengan, minuman ringan, junk food, makanan bersantan dan lain sebagainya. Coba perhatikan lima orang teman Anda, apakah ada yang ngemil buah-buahan?

Kudapan yang ideal adalah makanan yang mengandung gizi-gizi, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Salah satu mineral yang penting adalah kalsium. Mengapa kalsium cukup penting? Karena dengan kalsium kesehatan tulang dan gigi kita akan terjaga.

Makanan ringan kaya kalsium cukup penting untuk anak-anak dan orang dewasa khususnya wanita. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang kita pun berkurang. Proses untuk wanita akan lebih cepat lagi setelah terjadi menopause.

Jika kita memilih kudapan kaya kalsium sejak dini, penipisan tulang pun dapat kita hindari. Sebenarnya cukup banyak kudapan yang sehat dan bisa membantu diet
kalsium kita. Sumber utama kalsium ada pada makanan olahan dari susu. Biskuit juga mengandung banyak susu sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Pastikan Anda memilih biskuit yang setara dengan 1 gelas susu (100 g dalam satu kemasan)

Anda juga bisa mengkonsumsi yoghurt dan keju. Caranya dengan mengkombinasikan dengan buah-buahan atau topping lainnya seperti sereal dan biskuit yang memiliki kandungan mineral seperti fosfor dan magnesium. Kedua mineral tersebut dapat membantu penyerapan kalsium lebih baik. Anda juga dapat memilih kue-kue, biskuit atau wafer dengan kandungan kaya keju.

Daripada makan gorengan di sore hari, lebih baik Anda makan salad yang dibubuhi keju. Sayuran tersebut diantaranya bok choy, lobak hijau, sawi dan kubis Cina. Bila tidak suka salad, sayuran tersebut bisa Anda jadikan sup yang di campur dengan kudapan kedelai.

Kudapan kedelai, misalnya saja tahu. Sekitar 50 g tahu mengandung 258 mg kalsium. Selain kaya kalsium, makanan yang bersumber dari kedelai mengandung cukup banyak isoflavon yang membantu kalsium terikat di dalam tulang. Efek positif ini baik untuk wanita yang sedang melewati pasca-menopause.

Salmon juga baik sebagai asupan kalsium. Kandungan kalsium dan vitamin D yang ada dalam salmon serta omega-3 sangat baik untuk mencegah penipisan tulang dan osteoporosis, khususnya bagi Anda yang berusia diatas 50 tahun. Berbahagialah bagi Anda penggemar Sushi atau Onigiri dengan salmon, karena menu tersebut dapat menyempurnakan diet kalsium Anda.

Kemudian kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan tulang. Almond, Pistachio dan biji bunga matahari (seperti Kuaci) mengandung banyak kalsium. Kacang tanah dan Almond mengandung Kalium yang melindungi hilangnya kalsium dalam urin. kacang-kacangan juga mengandung protein dan nutrisi lain yang mendukung pembangunan tulang kuat.

Satu hal yang cukup penting dalam mencari kudapan yang sehat untuk tulang adalah menghindari kadar garam yang berlebihan. Karena seberapapun banyaknya kudapan tinggi kalsium yang kita makan, jikalau kita menyantap kudapan yang terlalu asin atau mengandung banyak garam akan menggugurkan diet kalsium kita. Garam merupakan penyebab utama dalam menurunnya kalsium dalam tubuh. Terlalu banyak garam akan membuat kalsium larut dan terbuang dalam urin.

Semoga sukses berdiet kalsium..

(Berbagai sumber)

SHARE