Timnas Merah Putih Menang di Laga Final Kedua & Malaysia Raih Juara

0
23

.Final Piala AFF 2010 leg kedua, di SUGBK, Jakarta. Di hadapan para petinggi Negara dan kurang lebih 100.000 pendukung Merah Putih. Pasukan Indonesia langsung menyerang sejak peluit dibunyikan untuk mengejar ketertinggalan 3-0 di laga pertama atas Malaysia.

Kesempatan emas melalui titik putih muncul akibat, M. Sabre menghadang bola sundul dengan tangan di menit 15. Firman Utina sebagai algojo melesakkan tendangan namun lemah dan berhasil ditangkap oleh Khairul Fahmi.

Serangan berikut datang dari umpan Gonzales kepada M. Ridwan menit 31. Sayang bola membentur pemain belakang M. Muslim dan dapat dihalau jauh ke luar kotak.

Satu menit berselang, Malaysia juga mendapatkan kesempatan melalui M. Safee melalui tendangnya di dalam kotak Markus yang melebar ke luar lapangan.

Menjelang akhir babak pertama tepatnya menit ke-40, giliran Arif Suyono yang mendapatkan kesempatan melakukan tendangan di area dalam pertahanan lawan, yang juga masih melebar.

Memasuki babak kedua, tim Merah Putih tetap gencar melakukan serangan. Namun serangan balik Malaysia melalui M. Safee mampu menghasilkan gol yang kelima bagi dirinya di kejuaraan ini dan mengubah kedudukan menjadi satu-nol di menit 56.

Untuk meningkatkan intensitas serangan, pelatih Alfred Riedl mengganti Irfan Bachdim dan Firman Utina dengan Bambang Pamungkas dan Eka Ramdani. Serangan mulai terpola kembali. Kemelut di dalam kotak Fahmi, dimanfaatkan A. Bustomi untuk melesakkan tendangan kerasnya. Sekali lagi Fahmi mampu menepisnya dan bola bergulir ke arah kanan. Kali ini M. Nasuha berada di posisi yang tepat, bola tepisan tersebut disambarnya dengan first kick ke arah gawang lawan. Fahmi sudah tidak berkutik lagi. Gol! di menit 72, sehingga skor sementara 1-1.

Semangat semakin meningkat, timnas Garuda terus menekan. Dribling Ridwan dari sayap kanan yang menusuk ke daerah dalam pertahanan berbuah gol melalui tendangan kerasnya yang kemudian membentur kepala pemain bertahan dan masuk ke dalam gawang. Skor menjadi 2-1 di menit 88.

Tim Malaysia semakin meningkatkan pertahanannya. Di injury time hanya terjadi satu kesempatan tendangan bebas yang dieksekusi Bepe, namun dapat ditepis Fahmi. Skor akhir 2-1, untuk kemenangan Indonesia di laga kedua final Piala AFF 2010.

Meskipun menang, hasil ini tidak cukup menempatkan Indonesia menjadi juara, karena sebelumnya di pertemuan final pertama timnas kalah 3-0. Dengan keunggulan agregat 4-2, Malaysia menjadi juara Piala AFF Suzuki Cup 2010.

(Berbagai sumber)

SHARE