Anyaman dan Rajutan: Karya Seni Seksi yang menjadi Tren Terkini!

0
128

.Ketika membicarakan musim semi 2011, akan ada banyak sekali koleksi pakaian yang muncul di kepala. Selain warna-warni yang menyegarkan mata, Spring 2011 adalah tentang kreativitas tanpa batas. Jika beberapa tahun silam virus tie-dye menyebar dimana-mana, kali ini karya seni yang sangat tinggi muncul ke permukaan dengan cara yang berkelas dan seksi. Mereka adalah pakaian anyaman dan rajutan, atau biasa disebut macrame dan crochet. Macrame dan crochet sama-sama merupakan kerajinan tangan yang spesial dan juga memiliki visualisasi yang nyaris sama. Namun sebenarnya mereka memiliki bahan dan teknik pembuatan yang berbeda.

Macrame dibuat dengan cara mengikat atau menyimpul kain utama untuk memberi efek visual yang hebat. Ini merupakan kerajinan yang paling sering dikaitkan dengan pelaut abad ke-19, yang membuat segala macam benda macrame di waktu luang mereka dengan tali-tali, dari kulit, benang, tambang atau bahan kokoh lainnya. Pada tahun itu, macrame lebih sering berwujud dalam bentuk peralatan rumah tangga seperti hiasan dinding dan gantungan pot tanaman. Anda pasti sering melihat pot-pot yang digantung dengan kantung yang terbuat dari tali-temali yang diikat kan? Ya, seperti itulah yang disebut macrame.

Tidak kusut seperti macrame, crochet terbuat dari putaran benang, dibuat menggunakan sebuah jarum tunggal yang bengkok. Oleh karena itu, crochet memiliki tekstur yang sangat lembut tetapi juga tidak terlalu halus dan kecil untuk menjadi sebuah renda, dan tidak terlalu rapat seperti knitwear. Meskipun demikian, crochet cukup erat hubungannya dengan lace outfits yang tren saat ini, hanya saja dengan tampilan yang sedikit lebih berat dan rumit. Crochet tampak lebih mirip dengan macrame, dan kedatangan mereka yang nyaris bersamaan diramalkan akan menjadi tren yang canggih untuk dinikmati para fashionista.

Macrame sangat cocok jika berwujud aksesoris dan benda-benda unik, karena dibentuk dari simpul yang cukup besar dan punya peluang untuk diregangkan. Karena bentuknya yang tidak terlalu tertutup dan mudah diregangkan itu, Gucci dan Chrisrian Dior membuat ide sempurna dengan menghadirkan macrame sebagai bikini, monokini atau bodysuit yang sangat seksi. Tak hanya itu saja, di tahun 2011 ini macrame muncul dalam bentuk gaun-gaun yang cantik dan artistik. Sementara itu crochet banyak bebas tampil baik dalam bentuk mini dress, maxi dress dengan potongan dada yang rendah, halter top, vest, crop sweater, long sleeve dress, shoulder bag bahkan boots yang wow!

Baik macrame maupun crochet sebenarnya merupakan bagian dari kebangkitan tren tahun 1970-an. Hal ini terlihat dari warna-warna yang tampil di musim ini seperti earthy tones, coklat dan jingga, putih dan krem, bahkan warna terang seperti fuschia dan biru muda. Pilih pakaian yang memiliki akhir tepi yang cantik agar tetap terlihat luxurious. Pasangkan vest atau blouse crochet dengan wide leg pants atau rok bermotif tribal untuk gaya bohemian yang kental, kenakan bikini macrame dengan celana pendek saat menghabiskan liburan, atau pilih maxi dress yang memiliki cutting ultra-modern dan seksi dengan pola crochet yang feminin seperti koleksi Emilllio Pucci. Fashion items dengan teknik macrame dan crochet menunjukan aura hippy dan festive namun tetap menghasilkan total look yang chic, unfussy dan elegan.

(Berbagai sumber)

SHARE