WARNING! Geinimi, The Android Trojan

0
29

.Virus Trojan yang biasanya muncul di platform Windows, sekarang hadir di Android. Berhati-hatilah wahai pemilik ponsel Android! Virus tersebut beredar melalui market yang tidak resmi. Pastikan apa pun yang Anda unduh selalu berasal dari Android Market resmi.

Virus tersebut bernama Geinimi, dia akan langsung masuk dan menata ulang aplikasi asli dan tidak mengindahkan semua perintah.

Aplikasi keamanan Lookout-lah yang menemukan virus berbahaya tersebut. Virus tersebut pertama kali ditemukan di market pihak ketiga Cina. Mereka langsung mengumumkan mengenai keberadaan sang Trojan. Jadi, bagi Anda pengguna ponsel pintar Android, pastikan ponsel Anda sudah dilengkapi dengan aplikasi dari Lookout untuk tindakan pencegahan. Semoga saja wabahnya tidak menyebar ke market lainnya.

Akan mengerikan sekali jika hal-hal dibawah ini terjadi pada ponsel Anda secara otomatis:

  • Mengirim lokasi koordinat
  • Mengirim identitas ponsel (IMEI dan IMSI)
  • Mengunduh dan meminta pengguna menginstall aplikasi tersebut
  • Meminta pengguna menghapus aplikasi
  • Mengirim daftar aplikasi yang sudah diinstal ke server

Berikut informasi dari blog Lookout mengenai Geinimi:
Geinimi mencoba menghubungi remote server menggunakan satu dari sepuluh nama domain. Nama-namanya seperti www.widifu.com, www.uadore.com, www.frijid.com, www.islpast.com dan www.piajesj.com. Jika terhubung, Geinimi mengumpulkan informasi kolektif ke remote server.

Maka dari itu, pastikan selalu mengecek aplikasi yang Anda unduh. Mungkin saja yang Anda unduh adalah bagian dari Trojan. Keamanan di Android menjadi perhatian banyak penggunanya, tapi seiring berkembangnya OS, sistem keamanan pun pasti berkembang pula.

Harap dicatat, hal ini tidak hanya terjadi untuk Android, mungkin saja terjadi di OS ponsel lain.

(Berbagai sumber)

SHARE