Better Year, Better Body

0
64

.Bagai sebuah ajaran agama, seringkali kita menyambut pergantian tahun dengan berbekal semangat serta sederet janji dan resolusi bahwa akan menjadi lebih baik lagi di tahun depan. Dan jika salah satu resolusi Anda di tahun 2011 adalah memiliki tubuh yang sehat dan layak menghiasi iklan Dolce & Gabbana, maka inilah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar resolusi tubuh baru dan sehat Anda tidak kandas di minggu ketiga bulan Januari:

1. Sebarkan kabar baik Anda.

Yup, sebuah resoulusi untuk memiliki tubuh dan kehidupan yang lebih baik adalah sebuah kabar gembira yang harus Anda sebarkan pada semua orang yang mengisi hari-hari Anda. Poin utamanya adalah Anda akan selalu berusaha sejalan dengan resolusi yang telah Anda sepakati kalau teman dan rekan kerja Anda juga bersemangat menanyakan perkembangannya. Hal baik yang mungkin terjadi adalah Anda memiliki teman yang bisa dijadikan tandem partner dalam mewujudkan resolusi Anda.

2. Susun strategi untuk menjadi seorang juara.
“Memiliki tubuh yang sehat dan layak menghiasi iklan Dolce & Gabbana” tentu saja merupakan sebuah tujuan yang mulia, namun bagaimana Anda akan mewujudkannya? Berapa kali dalam seminggu Anda akan berolahraga? Kapan Anda akan punya waktu untuk berolahraga? Dimana Anda akan melakukannya? Dan jenis latihan apa saja yang akan Anda lakukan untuk menunjang resolusi Anda?

3. Temukan jenis latihan yang Anda suka.
Berolah raga mungkin bukanlah salah satu kegiatan yang Anda suka, namun menemukan jenis latihan yang Anda suka –or at least sesuatu yang memancing minat Anda- akan menghasilkan suatu perbedaan. Berlari, berenang, sesi fitness bersama, bersepeda, yoga, dan pilates adalah beberapa pilihan yang bis Anda coba. Dan kalau salah satu jenis latihan terasa tidak pas bagi Anda, teruslah mencari hingga Anda menemukan jenis latihan yang paling pas untuk mendukung resolusi Anda.

4. Komitmen dan totalitas diri.

Seperti seorang pekerja seni, Anda pun juga harus memberikan usaha dan performa terbaik Anda bagi kesuksesan resolusi Anda. Pepatah mengatakan “Butuh 21 hari untuk menjadi sebuah ritual diri”, maka catat dan perlakukan semua jadwal latihan di kalender Anda seperti semua hari penting dalam hidup Anda, dan tepati semuanya. Kemungkinan untuk melewatkan sebuah sesi latihan akan kecil untuk terjadi kalau Anda sudah menentukan kapan saja waktu bagi Anda untuk menjalankannya. Jangan memberi dan menciptakan peluang untuk menunda atau bahkan melewati janji Anda. Sekali adalah pintu menuju dua kali, tiga kali, dan seterusnya. Seperti mimpi, komitmen dan totalitas diri adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia, or at least tubuh Anda.

5. Tipuan 10 menit.
Kurang motivasi untuk latihan hari ini?? Katakan pada tubuh Anda bahwa “iI’s okay kalau hari ini sedang tidak ingin dipahat. Tapi ingat, hanya butuh minimal 10 menit latihan untuk menjadi sehat. Mari kita selesaikan 10 menit latihan dan kalau tetap tak mau, kita sudahi sesi latihan hari ini”. Kalau Anda suka dirayu, maka tubuh anda pun juga begitu. Dan siapa tahu setelah 10 menit berlalu, tubuh Anda masih menunjukkan kemauannya.

6. Hibur tubuh Anda.
Kalau Anda tidak terhibur dengan basahnya keringat yang menemani sesi bakar kalori, maka ciptakan sendiri hiburan bagi jiwa dan tubuh Anda. Lakukan latihan sambil menonton tayangan televisi, atau yang lebih populer lagi, bakar lemak Anda dengan sebuah ultimate workout playlist dari iPod Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia cenderung lebih bersemangat untu berolahraga ketika menemukan hiburan di dalamnya.

7. Investasi.
Pastikan bahwa perlengkapan latihan Anda terlihat prima dan tidak mensabotase niat mulia Anda. Berlangganan keanggotaan di sebuah fitness centre yang trendy  adalah salah satu investasi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memberi jalan kesuksesan bagi resolusi tahun baru Anda. Berlangganan majalah kesehatan serta membeli beberapa artikel pendukung seperti head band, wrist band, hoodie, short, sneakers, cut-off, matras, botol air minum, tas fitness, dan teman-temannya adalah hal baik yang mungkin akan makin memacu semangat latihan Anda.

8. Menimbang dan mengukur.
Tahap ini mungkin adalah salah satu tahap terberat dalam sejarah resolusi yang berkaitan dengan kesehatan dan penampilan. Ukuran yang berkurang ataupun bertambah akan disambut dengan suka cita, atau malah raungan panjang, tergantung dari tujuan Anda. Sekali dalam seminggu, timbang dan ukur perkembangan tubuh Anda, kemudian catat dan letakkan di tempat terbuka (tempel di pintu lemari es, di kaca, atau layar monitor untuk efek yang prima) sebagai reminder atas perkembangan Anda. Sekali dalam seminggu adalah waktu yang pas untuk menciptakan motivasi tambahan dalam hidup dan resolusi Anda.

Well, selamat tahun baru dan semoga sukses dengan resolusi Anda. Be cool, be good, and be better. Keep on the right track.

(Berbagai sumber)

SHARE