First Human Photo Captured In Paris

0
56

.Kamera dan foto kini bukanlah hal baru lagi. Berbagai macam foto Anda bersama teman, kekasih, dan keluarga menghiasi dinding rumah serta tersimpan rapi di dalam handphone ataupun album foto.

Pertanyaannya adalah, tahukah Anda bagaimana ‘sejarah’ foto yang terdapat gambar manusia hidup pertama kali ada dan muncul di dunia? Awalnya, seseorang bernama Robert Krulwich dalam blognya menyatakan bahwa foto manusia pertama kali yang terambil oleh kamera adalah hasil jepretan Harles Fontayne dan William Porter.

Foto tersebut dibuat pada tahun 24 September 1848. Berlatar belakangkan sebuah sungai Ohio, dalam foto terlihat dua orang sedang berdiri di tepi sungai tersebut. Orang di sebelah kiri berdiri di belakang dek kayu. Kaki kirinya diangkat ke dek dan tangan kirinya disandarkan pada lutut. Sedang orang di sebelah kanan berdiri tepat di atas dek. Sayang, foto ini ternyata bukanlah foto manusia yang pertama kali muncul di dunia.

Louis Daguerre merupakan orang yang berhak dikagumi, karena berhasil mengambil foto manusia untuk pertama kalinya di seluruh jagad raya. Sekedar tambahan informasi, Louis Daguerre adalah penemu kamera dengan proses dan sistem kerja daguerreotype (tipe daguerre).

Proses daguerre adalah pengambilan gambar dengan mengekspos plat logam secara kimia selama beberapa menit. Kamera dengan daguerreotype tidak akan bisa menangkap gambar obyek yang sedang bergerak di dalam frame (bingkai). Beruntunglah bagi Louis Daguerre, karena orang Paris yang tak dikenal tersebut tidak bergerak sama sekali saat Louis mengarahkan kamera ke arahnya. Foto manusia pun berhasil diciptakan.

Foto tersebut diambil pada tahun 1838 di kota fesyen, Paris. Dalam image, terdapat sosok seorang manusia yang sepertinya sedang menjemur sepatu atau boots-nya di bawah sinar matahari, tepatnya di ujung jalan.

Siapa yang sangka, menjemur sepatu di pinggir jalan dapat membuat seseorang menjadi terkenal, meski ‘tanpa nama’?

(Berbagai sumber)

SHARE