10 Healthy Facts You Should Know About Chocolate

0
21

.Apa yang terlintas dalam pikiran anda ketika mendengar kata coklat? Makanan pemicu lemak namun sangat lezat? Lebih baik simak dulu serba-serbi coklat sebelum anda mengambil ancang-ancang untuk lari menghindari makanan kaya manfaat ini.

1. Amazing plants. Coklat termasuk dalam kategori tanaman atau sayuran berwarna gelap yang terbukti jauh lebih sehat dari tumbuhan berwarna terang. Kesimpulan ini diperoleh karena coklat mengandung flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan mampu melindungi tubuh dari penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan yang mengarah pada penyakit jantung. Coklat mengandung antioksidan dalam jumlah besar, bahkan hampir 8 kali jumlah yang ditemukan di buah strawberry. Flavonoid juga membantu tekanan darah menjadi lebih rileks melalui produksi oksida nitrat, serta menjaga keseimbangan hormon tertentu dalam tubuh.

2. Bye-bye cholestreol. Tak seperti yang anda takutkan, lemak coklat adalah lemak nabati yang tidak akan menambah kadar kolesterol. Orang yang mengonsumsi lemak coklat akan jauh lebih sehat daripada mereka yang gemar mengonsumsi lemak mentega ataupun lemak sapi. Bahkan dark chocolate telah terbukti mengurangi kolesterol jahat hingga 10 persen. Setelah diteliti, ternyata coklat memiliki kandungan stearat, asam lemak netral yang dicerna lebih lambat oleh tubuh dan diabsorpsi lebih sedikit sehingga tak akan memicu kolesterol darah.

3. True blood-pressure. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi sebatang kecil dark chocolate setiap hari dapat menurunkan tekanan darah pada individu yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Your heart won’t break. Coklat memiliki kandungan palmitic acid dan oleic acid di dalamnya. Zat ini konsisten dalam mengurangi gangguan fungsi jantung. Penduduk Mediterania sejak zaman dahulu kerap mengonsumsi oleid acid yang terkandung dalam coklat dan minyak zaitun untuk menimbulkan efek positif bagi kesehatan jantung.

5. Pimples is just a rumour. Ini adalah kabar baik untuk anda: coklat sama sekali tidak menyebabkan jerawat. Para ahli kesehatan kulit sepakat bahwa jerawat tidak disebabkan oleh makanan-makanan spesifik seperti coklat, french fries, soda, atau permen. Penyebab jerawat sebenarnya adalah penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori, kelebihan minyak kulit (sebum), dan proliferasi bakteri penyebab jerawat. Tak satu pun dari faktor ini dipicu oleh makanan yang kita makan.

6. Good mood. Fungsi canggih yang mungkin sudah anda tahu adalah coklat dapat mengurangi stres, karena aromanya dapat memicu pelepasan serotonine, antidepresan alami di dalam otak. Ini juga dibantu oleh phenylethylamine, suatu zat mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang selanjutnya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati.

7. Love, sex and magic. Khasiat coklat satu ini pasti akan membuat pipi anda bersemu merah. Ya, coklat memang mengandung aphrodisiac, sebuah substansi yang memunculkan perasaan seperti sedang jatuh cinta dan meningkatkan hasrat seksual. Nama aphrodisiac berasal dari Aphrodite, dewi seksualitas dan cinta dari Yunani. Selain coklat, aphrodisiac juga terdapat dalam seledri, ginseng, selada, oysters dan ginko biloba.

8. Smooth skin and shiny hair. Katekin adalah salah satu jenis antioksidan dalam coklat yang berpengaruh pada kekenyalan dan kelembutan kulit. Katekin juga dimiliki oleh teh, namun prosentasinya jauh lebih kecil daripada yang dikandung oleh coklat. Tak heran jika sekarang ini coklat banyak menjadi bahan utama produk kosmetik karena mampu melembabkan, menyamarkan garis halus, menenangkan, dan memerangi penuaan dini pada kulit. Coklat juga mampu membuat rambut lebih bercahaya dan seksi karena aromanya yang sangat menggoda. Menggunakan masker coklat untuk rambut satu bulan sekali atau shampoo coklat setiap dua hari sekali akan membuat rambut anda tampil menakjubkan.

10. Support energy and growth. Milk chocolate dan white chocolate kaya akan vitamin A dan B12, yang dapat memberikan kontribusi pada pertumbuhan gigi dan tulang, penyerapan kalsium dan fosfor, pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan otot. Cocoa dan dark chocolate juga mengandung vitamin B-kompleks yang sangat banyak yang diperlukan untuk melepaskan energi dan menciptakan daya tahan tubuh. Selain itu coklat juga merupakan sumber mineral yang penting untuk berjalannya fungsi tubuh normal. Dark chocolate sangat kaya magnesium yang penting bagi fungsi otak yang kuat dan mengandung tembaga, besi, mangan dan seng yang berperan dalam promosi pertumbuhan sel, perbaikan jaringan dan penyerapan nutrisi.

Should we say more?
 
(Berbagai sumber)

SHARE