Go Go Bike Healthy

0
26

.Kehidupan di ibukota yang sibuk, membuat warganya semakin rentan terhadap penyakit. Awalnya karena manusia sudah mulai malas dan tidak mau berkeringat. Banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil untuk berpindah tempat dari rumahnya menuju kantornya.

Jarak yang jauh menjadi pertimbangan orang menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi beberapa orang yang ingin sehat, mereka pun bersepeda ke kantor. Sebut saja Satya yang berkantor dibilangan Thamrin. Bapak beranak satu ini dulu bersepeda dua kali seminggu supaya menjaga tubuhnya tetap bugar. Dia bersepeda mulai dari rumahnya di daerah Jurang Mangu, Tangerang Selatan hingga Thamrin, Jakarta Pusat. Jarak yang ditempuh sekitar 20 km.

Menurut pengakuannya, bagi Anda yang ingin bersepeda ke kantor, kaki Anda akan merasa pegal “hanya” di jarak 10 km pertama saja. Setelah itu, Anda akan terbiasa. Satya tidak bersepeda sendirian, tapi juga berbarengan dengan teman satu kantornya.

Salah satu komunitas sepeda yang tertua adalah Jalur Pipa Gas (JPG). Komunitas sepeda ini berlokasi di desa Lengkong Gudang Timur (Leguti), Bumi Serpong Damai (BSD)-Jombang, Tangerang Selatan. Komunitas ini berawal dari para penggemar sepeda gunung yang berkumpul di akhir pekan atau hari-hari libur. Biasanya perorangan, klub atau grup untuk melakukan berbagai aktivitas.

Lokasi ini dinamakan Bike Park, sebuah taman bersepeda untuk umum yang dikelola bersama para pengendara sepeda gunung dan gratis. Lokasi ini terletak diatas jalur pipa gas negara dan sudah digunakan sejak tahun 1995 untuk latihan atau event balapan. Tahun 1998 pengunjungnya mulai berkurang sejak krisis moneter (krismon), tapi berkat semangat yang besar pada tahun 2001, beberapa anggota klub yang masih rajin dan aktif bergerilya mencari pengendara sepeda gunung lama dan baru. Walhasil, tempat tersebut kembali ramai.

Di tempat tersebut, Anda bisa berlintas alam sepanjang 6,5 km satu putaran di lintasan yang memang sengaja dibuat. Anda bisa menyusuri beberapa desa dengan melintasi jalur-jalur hutan bambu, sawah, ladang penduduk, dan empang yang kondisinya masih asri.

Selain trek balapan, juga ada trek wisata bagi Anda yang sekedar ingin bersantai. Jangan sungkan untuk sambangi tempat ini, karena ini tempat untuk umum. Semua boleh pakai treknya. Kapan kita sepedaan bareng?

(Berbagai sumber)

SHARE