How Swiss It Is…

0
68

.Kawasan Eropa terkenal dengan persaingan yang agresif antar anggotanya dalam hal perkembangan pembangunan, ekonomi, dan menciptakan trend. Beruntung bagi Swiss karena selain tak tergoyahkan oleh badai ekonomi, negara ini juga tercatat sebagai salah satu pemilik pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Selain kekayaan ekonomi, Swiss juga dibekali dengan kekayaan tradisi dan teknologi yang menjamin Swiss bisa mengikuti persaingan dan mencapai garis finish.

1. Muesli
Semenjak dokter Maximilian Bircher-Benner memperkenalkan muesli pada pasiennya di tahun 1900’an, Swiss sepertinya telah resmi menyandang gelar sebagai negara pemilik menu sarapan terbaik di dunia. Pada dasarnya muesli adalah bubur atau sereal yang terbuat dari kombinasi susu atau sari buah segar, oat, potongan buah, dan kacang-kacangan yang tentu saja sangat bergizi dan menyehatkan badan. Kabar baiknya lagi adalah menu yang satu ini telah lama dipercaya sebagai salah satu resep terbaik untuk menjaga berat badan karena kandungan serat dalam semangkuk muesli memperlambat proses pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Muesli buatan chef Marc-Andre Dietrich dari Les Trois Rois adalah salah satu yang terlezat dan sekaligus paling menggoda di seluruh daratan Swiss. Sebagai salah satu hotel mewah tertua di Eropa, Les Trois Rois yang berlokasi di kota Basel ini tahu benar cara memanjakan para tamunya, dan semangkuk muesli sebagai hidangan pagi adalah salah satu rahasianya.

2. Monte Rosa Cabin
Pondok liburan berdinding alumunium yang berdiri di atas ketinggian 2.883 meter dari permukaan laut ini dibangun oleh Swiss Federal Institute of Zurich untuk Swiss Alpine Club. Lokasinya yang cukup ekstrim -dikelilingi glacier, hempasan udara dingin yang konstan, serta puncak Alpen yang menghiasi halaman- membuat tempat liburan ini membutuhkan materi dan sumber energi yang mampu mengadaptasi kondisi sekitar. Untuk pengadaan energi, sebuah panel photovoltaic memberikan kontribusi yang signifikan untuk menjaga listrik dan penghangat ruangan yang tersebar di 120 kamar dan sebuah restoran tetap menyala. Kebutuhan air bersih tercukupi berkat pemanfaatan salju dan glacier yang tersimpan di sebuah tempat penampungan dan didistribusikan melalui jaringan pipa dan sistem filterisasi air berteknologi tinggi. Monte Rosa Cabin yang baru saja menyelesaikan renovasi empat laintainya ini telah beberapa kali menerima penghargaan di bidang wisata, arsitektur, serta lingkungan. Musim dingin atau musim panas, Anda bisa mengunjungi pondok ini kapan saja. Atau untuk menemukan sensasi yang lebih sempurna, bagaimana kalau berkunjung dua kali ke sana??

3. Pilatus Hangar

Berkunjunglah ke kota Stane di Lucerne untuk melihat dari dekat berbagai koleksi pesawat buatan Pilatus, satu-satunya produsen pesawat terbang di negara ini. Sebagai pemain tunggal, Pilatus telah memberi sumbangan besar bagi kemajuan aviasi sejak tahun 1939 melalui pasokan berbagai jenis pesawat terbang satu penumpang serta kebutuhan mesin bisnis di Swiss dan sekitarnya. Salah satu produk Pilatus yang paling digemari adalah PC-12s yang telah diproduksi lebih dari 1000 buah sejak pertamakali jenis ini diperkenalkan di tahun 1994. Hanggarnya sendiri adalah sebuah pemandangan yang menakjubkan. Dengan ukuran 120 meter x 70 meter, hanggar ini didesain dengan sangat sempurna. Pemanfaatan materi kayu, timber, dan sistem pencahayaan alami di hanggar ini telah menjadi medium  yang ideal untuk menampung 16 unit pesawat, kantor, dan sebuah ruang yang nyaman untuk pengunjung.

4. E-Tracer
Sejak berdiri di tahun 1970’an Peraves selalu memproduksi sesuatu yang di luar pakem dan pasar. Tiga dekade kemudian mereka masih melakukannya dengan memproduksi E-Traker, sepeda motor dua tempat duduk yang tahan segala cuaca. Benar-benar tahan segala cuaca dalam arti sebenarnya. Penampilannya yang edgy memberi kesan futuristik, sporty, trendy, dan tentu saja stylish. Motor elektrik yang akan mulai dipasarkan mulai musim panas 2011 ini dapat Anda operasikan semudah motor elektrik biasanya. Dengan nilai tukar sebesar US$100.000, Anda dapat merasakan sensasi setengah mengemudi dengan kecepatan 150 mil per jam.

(Berbagai sumber)

SHARE