Kransekage; Kue Tahun Baru Ala Denmark

0
35

.Perayaan tahun baru telah berlalu malam Sabtu kemarin. Kebanyakan warga Jakarta dan mungkin sebagian masyarakat Indonesia melewatkannya dengan pesta kembang api, musik dan acara bakar ayam atau ikan.

Sedangkan di belahan bumi lain, sebagian penduduk Denmark merayakan malam tahun baru dengan berkumpul bersama dan mengadakan makan malam. Salah satu menunya adalah kue cantik tahun baru “Kransekage”. Kue berbahan dasar marzipan yang disajikan di lapisan karangan bunga, dengan lapisan atas frosting dan terkadang cokelat atau almond yang cocok disajikan dengan minuman hangat tradisonal di tengah malam.

Kini juru masak ternama Kalle Bergman membuatnya lebih mudah dengan sedikit inovasi. Kue ini diberi frosting di atasnya dan diberi raspberry segar sehingga terlihat lebih simple dan menarik. Bersama kopi hangat dan obrolan ringan, semakin membuat suasana meriah dalam menyambut datangnya tahun baru.

Anda ingin coba membuatnya? Ini dia resep sederhana tersebut.

(Untuk 12 sajian) Bahan-bahannya:
4 ons marzipan segar
2 ons gula
1 putih telur

Frosting
4 sendok makan icing sugar
1/2 sendok makan air

Berry segar untuk garnish

Caranya:
1. Aduk telur dan gula sampai mengembang. Lipat bersama dengan marzipan dan pukul-pukul sampai adonan halus. Gulung dan masukan ke dalam tabung dan potong menjadi 12. Lalu gulung setiap potongan menjadi bola. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan di suhu 207 celcius selama 6-8 menit atau sampai berwarna keemasan. Lalu keluarkan dari oven dan sisihkan hingga dingin.

2. Kocok icing sugar dan air untuk membuat frosting. Bila kue sudah dingin, lalu masing-masing kue dilapisi frosting dan  ketika frosting sudah mulai mengeras, letakkan berry segar di atas setiap kue.

Mudah bukan? Jangan sampai Anda melewatkan nikmatnya Kransekage..Selamat makan!

(Berbagai sumber)

SHARE