Back To The Future

0
31

.Ada sebuah komik Ingris terbitan tahun 1950 berjudul Dan Dare, Pilot of the Future. Komik bertema science fiction ini dibuat oleh seorang ilustrator bernama Frank Hampson untuk majalah komik Eagle. Kisahnya sendiri bercerita tentang Colonel Daniel McGregor Dare, atau Dan Dare, seorang pemuda yang menjadi pilot utama Interplanet Space Fleet. Sehari-hari Dan Dare mengendarai pesawatnya yang berbentuk seperti sebuah kapsul, menjelajah kota London hingga luar angkasa. Sementara itu di bawahnya mobil-mobil yang berbentuk sama memadati jalan raya.

Komik ini adalah salah satu bacaan favorit Sir Norman Foster semasa belia. Dan meskipun kini usianya sudah lebih dari 75 tahun, namun arsitek yang terkenal berkat proyek Virgin Galactic serta gedung 30 St Mary Axe ini sama sekali tidak meninggalkan fantasi masa kecilnya. Untuk proyek tata kota Masdar yang sedang dikerjakannya, dia berpaling pada fantasi masa kecilnya, Dan Dare, dan menemukan keyakinan bahwa pilot luar angkasa ini pasti akan senang sekali menjelajahi jalan raya dalam Dymaxion, sebuah konsep mobil buatan Buckminster Fuller di tahun 1933. Maka Sir Norman Foster pun mereproduksi mobil ini.

Di dekade 30’an nama Buckminster Fuller sudah hampir seperti dewa. Sosoknya dikenal tak hanya sebagai seorang insinyur, namun juga sebagai penulis, desainer produk, penemu, dan seorang futuristis sejati. Melalui proyek mobil Dymaxion, dia membuat sebuah konsep kendaraan yang mampu menampung 11 orang penumpang dan melaju di kecepatan 190 km per jam, serta mampu menghemat bahan bakar hingga 7.8 liter per 100 km. Namun mobil ini tak pernah diproduksi secara masal dan dari tiga yang pernah dibuat, hanya tinggal satu buah yang selamat dan setelah menjalani perbaikan interiror di Crosthwaite and Gardiner, Sir Norman Foster memproyeksikan Dymaxion sebagai jenis kendaraan yang akan memadati lalu-lintas kota Masdar. Kota Masdar sendiri adalah sebuah mega proyek terbaru yang terletak sekitar 17 Km dari Abu Dhabi dan diprakarsai oleh the Abu Dhabi Future Energy Company. Proyek yang menelan dana pembangunan hingga USD 22 Milyar ini diproyeksikan akan menjadi sebuah kota ultra-modern bebas emisi karbon. Sebuah counter city bagi Dubai yang makin populer dari hari ke hari.

Sebuah pameran berjudul Bucky Fuller & Spaceship Earth telah digelar dan dikuratori sendiri oleh Sir Norman Foster. Yang menjadi bintang utama dalam pameran ini tentu saja Dymaxion, yang menurut Buckminster Fuller merupakan hasil ekstraksi dari kata dynamic maximum tension, namun menurut para ilmuwan di generasi setelahnya, mereka percaya bahwa Dymaxion adalah singkatan dari dynamic, maximum, dan ion. Masa depan selalu menjanjikan harapan dan sesuatu yang baru bagi kehidupan. Hal ini juga berlaku untuk Dymaxion, si kota bebas karbon Masdar, serta fantasi manusia untuk selalu berevolusi, berusaha menciptakan sebuah peradaban yang sempurna.

(Berbagai sumber)

SHARE