Finding Perfect Maxi Dress

0
37

.Maxi dress akan tetap bertahan di posisi yang digemari hingga pertengahan tahun ini. Dengan lembutnya hemline yang berjatuhan di sekeliling kaki anda, maxi dress memiliki daya tarik tersendiri yang membuat anda tampak semakin anggun dan cantik. Namun dengan banyaknya pilihan yang tersedia, bagaimana cara menemukan maxi dress yang paling sempurna? Mudah saja, pedomannya hanya dua: jenis acara dan bentuk tubuh anda!

1. Formal or casual

Pertama-tama anda harus menentukan tempat dan waktu untuk mengenakan maxi dress agar tidak salah kostum. Untuk sekedar hangout bersama teman-teman wanita anda, shopping, atau bahkan piknik, kenakan maxi dress dengan cutting yang simple dan casual. Biasanya, maxi dress jenis ini memiliki bahan yang ringan seperti chiffon atau cotton. Jika bosan dengan motif bunga, anda bisa mengenakan maxi dress bermotif garis, leopard, atau polkadot lalu kenakan bersama sandal bertali yang cantik, wedges, platform atau slim clogs. Anda dapat memakai leather jacket, kalung-kalung panjang dan hairband unik dari scarf sebagi aksesoris tambahan yang edgy.

Sementara itu maxi dress dengan bahan silk, satin dan sequin dapat anda kenakan untuk gelaran yang lebih formal yang biasanya diadakan malam hari. Anda dapat menjatuhkan pilihan pada brand Marchesa, Issa, Helmut Lang, Temperley London atau Roberto Cavalli yang memiliki koleksi maxi dress mengagumkan. Untuk lebih menghemat pengeluaran, anda dapat membuat maxi dress pada penjahit favorit anda dengan desain dan ukuran yang lebih personal. Gaun dengan pleats, ruffles dan bustier neckline akan terlihat lebih sleek dan feminin. Pilih yang berwarna terang seperti pink, biru keunguan atau red wine untuk tampilan lebih stunning dan tidak membosankan. Lengkapi dengan tata rambut updo atau chignon yang polished dan classy, lengkapi bersama gemstone  atau swarovski necklace, clutch dan peeptoe heels atau stiletto warna netral. Untuk memudahkan anda dalam berkegiatan, sebaiknya anda berinvestasi dengan menyimpan minimal satu buah maxi dress yang kasual dan satu buah yang formal di lemari anda. Tak perlu khawatir akan sia-sia, maxi dress adalah salah satu fashion item yang timeless dan cocok dikenakan di segala musim.

2. Petite or plus size
Mungkin ini terdengar klise, tetapi menyesuaikan gaun dengan bentuk tubuh adalah suatu keharusan. Untuk anda yang memiliki tubuh semampai dan kaki jenjang, anda patut berbahagia karena anda dapat mengenakan maxi dress jenis apa saja. Namun untuk anda yang bertubuh petite atau kecil mungil, anda perlu mempertimbangkan matang-matang tentang panjang dan ukuran maxi dress. Sebaiknya pilih maxi dress yang jatuh tepat di mata kaki agar tak terkesan tenggelam. Pilih juga yang memiliki motif kecil dan warna yang solid seperti olive green, gold atau light purple sehingga figur anda tampak lebih berisi. Potongan A-line, straight, dan bias-cut adalah jenis yang terbaik untuk anda. Lengkapi dengan high-heeled sandals, pumpshoes dan espadrille wedges agar terlihat lebih “berat” dan tampil maksimal.

Untuk anda yang dianugerahkan tubuh curvy, kenakan maxi dress dengan motif garis atau tribal vertikal agar terlihat lebih ramping. Motif besar dan medium akan lebih indah dipandang daripada motif kecil yang nampak lebih penuh. Hindari maxi dress yang berwarna terlalu cerah seperti merah, kuning atau turquoise karena akan membuat anda tampak semakin lebar. Menjauhlah dari maxi dress yang memiliki kerutan di dada atau yang mempunyai detail terlalu padat. Sebaliknya, pilih maxi dress berpotongan pas, tidak flowy namun tidak mencetak bentuk tubuh. Wide strap, halter strap dan kerah v-neck akan mempercantik dan memberi kesan lebih kurus. Jika perlu, tambahkan skinny belt atau pilih maxi dress dengan garis pinggang yang ramping untuk membingkai torso anda dengan baik dan menghindari anda tampak boxy.

Bagaimanapun juga, maxi dress adalah satu diantara fashion items yang menjadi favorit namun sering kali salah digunakan. Untuk mudah memadukannya, sejauh ini ada dua warna terbaik yaitu hitam dan navy blue yang chic dan tetap cocok untuk acara khusus maupun acara santai. Jika ingin tampil lebih artsy dan seksi, anda bisa menjatuhkan pilihan pada bahan lace, crochet maupun sheer yang sedang hype. Akhiri dengan makeup mata yang bold dan bibir natural yang plumpy. Very-very elegant combo!

(Berbagai sumber)

SHARE