Kathryn Gray, Penemu Supernova Termuda Dari Kanada

0
109

.Seorang gadis muda berumur 10 tahun yang sedang di rumahnya di Birdton, New Brunswick, Kanada menemukan sebuah supernova pada 3 Januari kemarin. Kathryn Gray, nama gadis muda tersebut menjadi orang termuda yang menemukan supernova, sebuah ledakan bintang yang menerangi seluruh galaksi.

Dia menemukan supernova tersebut pada hari Minggu. Supernova merupakan ledakan bintang yang membunuh bintang-bintang kecil disekitarnya dan menyebabkan cahaya yang lebih terang daripada cahaya Matahari.

Supernova tersebut ditemukan di area galaksi UGC 3378 yang jaraknya sekitar 240 juta tahun cahaya di gugus bintang Camelopardalis.

“Saya sangat senang sekali. Rasanya luar biasa,” kata Nona Gray kepada koran Canada’s Star. Ayah Kathryn, Paul Gray adalah seorang ahli perbintangan amatir, yang membantu penemuan anaknya dengan menyisir asteroid-asteroid dan mengecek daftar supernova yang sudah diketahui.

Dalam pernyataan the Royal Astronomical Society of Canada (RASC) tercantum bahwa penemuan Kathryn telah tercatat secara resmi dan disetujui oleh ahli perbintangan independen.

Tidak mudah mencari supernova, Anda harus menyeleksi gambar-gambar yang sudah ada dan membandingkannya dengan gambar-gambar baru. “Senang sekali dengan antusiasme seorang anak terhadap ilmu perbintangan. Penemuan yang luar biasa. Kami semua semangat sekali.” kata Deborah Thompson dari RASC.

Supernova baru tersebut dinamakan Supernova 2010lt. Supernova terakhir yang ditemukan di galaksi kita beberapa tahun yang lalu. Supernova menarik perhatian para ahli perbintangan karena mereka menghasilkan elemen kimia paling banyak yang menciptakan Bumi dan planet lainnya, kata RASC.

Supernova terjauh dapat dijadikan acuan untuk mengukur luas dan usia jagat raya kita.

(Berbagai sumber)

SHARE