Menu Seksi Muesli

0
132

.Apa menu sarapan favorit Anda?? Apakah roti, mie, soto, atau mungkin kombinasi buah segar dan segelar juice?? Bagaimana kalau Anda mencoba menu yang satu ini: Muesli.

Muesli merupakan salah satu menu sarapan pagi yang tak hanya lezat, namun juga sangat bergizi. Menu ini pertamakali diperkenalkan oleh dokter Maximilian Bircher-Benner pada tahun 1900’an sebagai salah satu menu pokok yang harus dikonsumsi oleh para pasiennya di sebuah rumah sakit di daerah Swiss sana. Semenjak itu sereal yang terbuat dari kombinasi susu, biji gandum, buah, dan kacang-kacangan ini menjadi populer dan dianggap sebagai salah satu menu sarapan terbaik di dunia.

Nama muesli konon diambil dari kata mus yang dalam bahasa Swiss-Jerman berarti campuran. Kombinasi bahan dasarnya memberikan sebuah pemandangan yang menawan dan provokatif untuk mengundang selera makan, sedangkan kandungan serat dalam semangkuk muesli sangat tinggi, namun rendah akan kadar gula. Makanan dengan kandungan kadar gula yang rendah akan memperlambat proses pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Tak mengherankan kalau muesli telah lama dipercaya sebagai salah satu resep andalan untuk menjaga berat badan.

Resep muesli buatan dokter Maximilian Bircher-Benner terdiri dari biji gandum, lemon juice, susu segar, dan potongan buah apel. Biasanya sang dokter juga menambahkan satu sendok hazelnuts ataupun almonds sebagai hiasan. Sedangkan dalam perkembangannya sekarang muesli telah mengalami berbagai adaptasi zaman serta variasi bahan. Penggunaan buah bery dan anggur adalah salah satu pilihan bahan yang banyak digunakan ketika membuat muesli. Namun akhir-akhir ini trendnya adalah mencampurkan jenis buah-buahan tropis yang eksotis seperti  mangga, pisang, ataupun serutan kelapa muda.

Chef Marc-Andre Dietrich dari hotel Les Trois Rois adalah salah satu pemilik resep muesli terlezat dan sekaligus paling menggoda di seluruh daratan Swiss. Di tempat kerjanya yang berlokasi di kota Basel, sang chef selalu memanjakan para tamunya dengan semangkuk muesli sebagai hidangan pagi. Ingin tahu seperti apa rasanya?? Anda bisa membuat sendiri melalui resep muesli sang chef berikut ini.

Bircher Muesli by Chef Marc-Andre Dietrich
*untuk 4 orang

Bahan dasar:
100g biji gandum,
40g biji barley,
40g gandum spelt,
40g cornflakes
20g kismis
30g madu
100g yogurt murni
100g susu segar
60g kacang almonds (bakar sebentar)
15g sirup maple
2 butir apel (pilih yang asam)
1 sisir pisang
Aneka buah bery

Pembuatan:
Kupas dan potong-potong buah apel dan pisang, kemudian masukkan ke dalam mangkuk besar dan campurkan dengan sirup maple yang sudah disiapkan. Tambahkan semua sisa bahan dan aduk-aduk hingga semua tercampur rata. Kemudian tambahkan buah bery sebagai hiasan. Selamat mencoba…

(Berbagai sumber)

SHARE