Resolusi 2011: Semua Charger HP Sama

0
28

.Ghiboo yakin semua orang pernah dan masih punya ponsel. Sebagian lagi pasti pernah kehilangan handset-nya dan tidak tahu charger-nya harus diapakan. Solusinya hanya dua, diamkan saja atau jual kepada siapapun yang mau membelinya. Saat kita membeli ponsel baru, charger ponsel yang lama kebanyakan tidak berguna lagi karena tipe koneksi tiap-tiap ponsel selalu berubah meskipun memiliki merk yang sama.

Dilansir dari HotHardware, tahun ini dikabarkan akan ada penyamarataan tipe koneksi charger. Sejak Juni 2009, 14 pabrik ponsel telah setuju menggunakan standar koneksi yang sama. Angan-angan itu tampaknya memang ideal sekali bila sungguh terjadi. Pada kenyataannya banyak hal yang bisa menyebabkan ide tersebut terealisasi.

Baru-baru ini Komisi Eropa mengirimkan rincian untuk penyamarataan koneksi tersebut. Spesifikasi teknisnya berdasarkan konektor microUSB yang sudah banyak digunakan ponsel-ponsel ternama seperti Samsung, Nokia dan Research In Motion.

Meskipun sudah banyak perusahaan menggunakan microUSB, masih saja ada satu perusahaan yang tetap menggunakan tipe koneksi sendiri, koneksi-Apple. Gadget yang didukung oleh tipe seperti ini tentu saja hanya produk Apple, seperti iPad, iPhone, iPod dan aksesoris lainnya.

Wakil Presiden Komisi Eropa Antonio Tajani mengatakan, “Sudah waktunya industri ponsel berkomitmen menjual ponsel dengan charger baru. Charger yang sama akan memudahkan konsumen, mengurangi limbah dan menguntungkan bisnis. Sesungguhnya ini adalah solusi yang menguntungkan semua pihak.”

(Berbagai sumber)

SHARE