Tahun Baru, Pemandangan Baru

0
49

.Stozice Sports Park adalah lokasi yang mempertemukan semangat dan sportifitas olah raga Slovenia dengan kebutuhan urban akan sebuah ruang lapang.

Berlokasi di distrik Bezigrad, sebelah utara kota Ljubljana, komplek olah raga ini menampung semua cabang olah raga kebanggan kota ini, seperti klub bola basket KK Union Olimpija, klub sepak bola NK Olimpija Ljubljana, klub bola tangan RK Olimpija, serta menjadi tuan rumah bagi klub bola voli kota Bled, ACH Volley.

Komplek seluas 182 ribu m2 merupakan proyek ganda antara pemerintah kota Ljubljana dan perusahan pengembang Grep yang pengerjaannya ditangani oleh Sadar Vuga Arhitekti. Masa pembangunan selama hampir dua tahun akhirnya menghasilkan Stozice Stadium, Arena Stozice, dan sebuah pusat perbelanjaan yang menjadi landmark sekaligus salah satu pusat kebudayaan masyarakat Ljubljana.

Stozice Stadium merupakan sebuah stadium multi fungsi tempat dimana diselenggarakan pertandingan sepak bola antara Slovania melawan Australia di hari pembukaannya, yang dimenangkan oleh Slovania dengan skor 2-0. Stozice Stadium juga merupakan lokasi tempat pementasan berbagai pertunjukan budaya seperti pertunjukan komedi Notpadu lajv yang mampu mengumpulkan penonton hingga 20 ribu orang dari kapasitas 16,038 kursi yang ada. Secara struktural bangunan ini menukik ke bawah dan hanya atap stadium saja yang berada di permukaan tanah.

Sedangkan Arena Stozice merupakan sebuah gelanggang dalam ruang yang juga difungsikan untuk mengakomodasi banyak kegiatan. Pertandingan bola basket dan pertunjukan konser penyanyi tenor asala Spanyol Jose Carreras adalah beberapa event yang pernah digelar di arena yang terkenal berkat kubah cangkang kerang ini. Namun ada satu olah raga yang sampai sekarang masih harus gigit jari karena aksi mereka belum bisa digelar di Arena Stozice. Cabang olah raga yang malang itu adalah ice hockey.

Bagian pusat perbelanjan seluas 91 ribu m2 rencananya akan menyatu dengan taman rekreasi yang dilengkapi trek untuk berlari, bersepeda, skateboard, taman bermain anak-anak, serta area piknik yang direncanakan akan segera dibuka di pertengahan tahun ini.

(Berbagai sumber)

SHARE