Brand New Logo, Brand New Bussines, Starbucks?

0
30

.Menjelang perayaan ulang tahun ke 40, Starbucks  yang merupakan jaringan peritel kopi terbesar di dunia memberikan kejutan dengan mengganti logo yang selama ini telah melekat pada merek kopi instan paling terkenal ini. Dengan desain yang lebih simpel dibanding para pendahulunya, logo terbaru Starbucks tidak disertai tulisan “Starbucks Coffee” seperti selama ini. Logo Starbucks terbaru hanya menampakkan ikon putri duyung bermahkota kebanggaannya dalam versi yang lebih besar.

Pergantian logo ini menandai keseriusan Starbucks dalam mengembangkan nama Starbucks sebagai sebuah merek dagang. Chief Executive Starbucks Howard Schultz menyatakan pandangannya “Bahwa meskipun Starbucks adalah dan akan selalu menjadi sebuah coffee company dan retailer, namun sangat besar kemungkinan kami akan membuat jenis produk lain yang tetap menggunakan logo Starbucks tertempel di sana, namun tak ada unsur kopi sama sekali di dalamnya”. Meskipun proses sosialisasi logo baru sudah dimulai sejak hari ini, namun secara resmi logo baru Starbucks ini baru akan benar-benar menghiasi mug dan gerai Starbucks di seluruh dunia mulai bulan Maret nanti.

Logo Starbucks yang terbaru ini merupakan versi ke-4 dalam sejarah panjang kesuksesan Starbucks sejak mereka pertama kali memulai usaha dengan membuka sebuah kios kopi dan teh di Seattle pada tahun 1971.

Meskipun jajaran direksi dan karyawan terlihat begitu excited dengan pergantian logo ini, namun tak semua pihak ternyata senang dengan keadaan ini. Beberapa fans berat Starbucks menganggap ide pergantian logo ini sebagai sebuah tindakan yang tolol, sebagai sebuah tindakan yang tak beralasan dan hanya mencari sensasi semata. Well, semua orang berhak mengatakan pendapat mereka tentang semua hal, termasuk pergantian logo Starbucks ini. Namun kalau dipikir-pikir sebenarnya hal ini cukup simpel. Ini seperti kita dan pakaian yang kita kenakan. Tentu saja Starbucks tidak mengganti logonya sesering kita mengganti baju, namun ketika kita mengganti pakaian yang kita kenakan, apakah kepribadian dan jati diri kita ikut tergantikan?? Ghiboo sih tidak.

(Berbagi sumber)

SHARE