Kapan Menikah?

0
28

.Menginjak umur 20-an, manusia, khususnya di belahan dunia yang kental dengan budaya timur, pada umumnya akan mulai gelisah memikirkan siapa pasangan hidupnya nanti dan tentu saja kapan dia akan menikah, benar?
 
Dalam suatu situs, dinyatakan bahwa pada tahun 2006 silam, kebanyakan orang Amerika mengangap usia 25 tahun adalah umur yang ideal untuk menikah bagi seorang perempuan. Bagi laki-laki, akan lebih baik jika siap menikah menginjak usia 27 tahun.
 
Sangat berbeda bila melihat kecenderungan menikah orang-orang dari negeri Paman Sam tersebut pada tahun 1946. Berpuluh-puluh tahun sebelumnya, perempuan memutuskan menikah pada usia lebih dini, 21 tahun. Begitu pula dengan laki-laki, yang telah menuju pelaminan saat berumur 25 tahun.
 
Semakin maju suatu zaman, semakin mundur dan tua usia seseorang untuk menyatakan bahwa ia siap menikah. Bisa jadi, kini seorang perempuan baru bersedia mengikat tali pernikahan ketika dia sudah berada dalam puncak karirnya, 30 tahun atau bahkan lebih. Bila perempuan, begitu santainya menghadapi perkawinan, apa jadinya dengan laki-laki? Begitu pikir Anda. Well, mereka pun jauh lebih santai lagi.
 
Bisa jadi Anda pun kini tidak lagi menjadikan pernikahan sebagai prioritas utama dalam hidup. Tapi mungkin juga Anda menunda pernikahan, karena orang-orang zaman modern kini lebih bisa berpikir luas.  
 
Anda ingin keluarga yang Anda bentuk nanti benar-benar matang dalam hal ekonomi. Tidak seperti zaman kakek-nenek kita dulu yang memiliki prinsip ‘banyak anak banyak rezeki’, tapi setelah banyak bayi dilahirkan, tidak tahu bagaimana memberikan pendidikan dan asupan gizi yang cukup, karena terbatasnya biaya. Semua harus direncanakan dan dipersiapkan masak-masak terlebih dahulu.  
 
Begitu pula menyangkut mental. Tidak hanya ekonomi yang harus dikhawatirkan, mental menyandang status sebagai suami, istri, atau bahkan ayah dan ibu cukup ‘membebani’ bagi beberapa orang. Hal ini harus dilatih bersama pasangan. Tanya dan yakinkan diri Anda sendiri, apakah Anda sudah siap berumah tangga? Sudah samakah visi dan misi keluarga yang ingin Anda bentuk dengan pasangan?
 
Tidak ada nominal umur yang tepat untuk menikah. Pernikahan bukan sekedar permasalahan biologis, namun juga harus memperhatikan ekonomi dan mental, emosi, dan kejiwaan. Penuhi dulu semua faktor tersebut, temukan orang yang dapat mengimbangi karakter Anda, baru menikahlah! Sah!
 
(Berbagai sumber)

SHARE