Lantai Bambu Banyak Manfaat

0
62

.Memilih bambu sebagai lantai rumah cukup menggiurkan. Bahannya yang alami dan tampilannya yang unik dapat meciptakan kesan eksotis pada konstruksi bangunan. Meski kebanyakan orang banyak menggunakan kayu jenis hardwood untuk dijadikan alas rumah, namun kini banyak juga yang melirik dan memilih lantai bambu.
 
Tahukan Anda, secara teknis lantai bambu tidak terbuat dari kayu. Meski lebih keras dari kebanyakan kayu hardwood, mereka sebenarnya terbentuk dari rerumputan. Bambu banyak tumbuh di Cina dan ditemukan di daerah-daerah Asia.  
 
Tunas-tunas berongga tersebut ditebang, dipotong tipis-tipis, dan dilaminasi hingga menyerupai tanaman kayu tradisional. Lantai bambu kerap dijumpai hanya dalam dua nuansa warna, yakni warna timah alami yang cukup cerah dan berwarna lebih gelap setelah dikarbonisasi dengan memasaknya. Meski demikian, lantai bambu tersedia dalam banyak pilihan warna.
 
Keuntungan menggunakan bambu tentu saja karena bahan ini ramah lingkungan. Mereka mudah dan cepat tumbuh, tidak seperti tanaman kayu lainnya. Karena kuat, lantai ini pun cukup awet dan tahan lama. Tahan terhdapa benturan dan diperkirakan dapat berfungsi dengan baik hingga 10-20 tahun penggunaan. Tidak perlu takut akan serangan jamur, hama, api, dan noda. Lantai bambu kebal terhadap hal-hal tersebut. Meski kuat, bahan bambu terkenal ringan dan dapat dipasang pada dimensi ruang apapun karena sangat fleksibel.  
 
Lantai bambu dapat dipasang di ruang manapun, sama seperti lantai kayu. Anda bisa memasangnya secara horisontal, vertikal, ataupun dengan gaya kain teruntai. Baringkan papan rata dengan tanah untuk menciptakan desain horisontal. Hal ini akan membuat buku-buku yang tumbuh pada tanaman (bambu) terlihat lebih alami. Untuk gaya vertikal, pisahkan lajur atau garis-garis bambu dengan tipis pada tiap sisinya agar bentuknya menjadi lebih panjang dan menciptakan barisan yang tipis. Lantai pun akan terlihat ketat dan sophisticated! Model pemasangan ketiga adalah bentuk kain teruntai. Lajur-lajur atau garis bambu harus dilapisi, dikompres, dan ditahan untuk membuat lantai menjadi lebih kuat.
 
Ekologis, awet, kuat, dan eksotis. Benar-benar pilihan lantai yang tepat!
 
(Berbagai sumber)

SHARE