Koleksi Parfum? Cari Tahu Bagaimana Cara Menjaganya!

0
176

.Apakah anda senang mengumpulkan parfum karena aromanya yang klasik dan botol-botolnya yang indah? Kalau ya, maka anda harus tahu bagaimana menjadi kolektor parfum sejati dengan memperpanjang hidup mereka agar tetap terawat dan berfungsi di kemudian hari. Berikut ini adalah panduan tentang bagaimana cara melestarikan parfum anda!

1. Jauhkan parfum dari panas, cahaya, oksigen, debu dan kotoran. Semua dari mereka dapat mengubah karakter baunya.

2. Simpan dalam botol parfum yang asli. Hindari memindahkan isi parfum yang anda beli ke dalam botol lain atau wadah lain.

3. Simpan botol parfum di dalam kotaknya, dan simpan di dalam lemari yang gelap, laci lemari atau kotak tertutup lain yang kedap cahaya.

4. Jangan menyimpan botol parfum di kulkas. Kelembaban dapat menyebabkan perubahan dalam berbagai bahan parfum dan dapat menghancurkan mekanisme botol dan semprotan sehingga parfum menjadi tidak bisa dikenakan, atau bahkan tidak berhenti menyemprotkan parfum terus menerus.

5. Jika memungkinkan, selalu pilih botol parfum dengan dispenser spray, daripada botol yang terbuka tanpa semprotan seperti kemasan oil perfume pada umumnya. Hal ini akan mencegah tekanan oksigen yang berlebihan. Semprotan juga berfungsi melindungi cairan parfum dari debu dan senyawa organik lainnya yang mudah masuk.

6. Jaga botol agar selalu bersih. Lap botol parfum dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan air hangat, atau sekali-sekali gunakan alkohol untuk menjaga kotoran dan debu masuk ke dalam botol.

7. Jika perlu, klasifikasikan parfum anda menurut wanginya, misalnya kategori aroma yang lembut, segar, atau sensual. Ini untuk memudahkan anda mencari dan tetap terlihat rapi di dalam lemari.

Memang benar bahwa hobi koleksi parfum tersebut bertujuan untuk ditampilkan pada orang lain, namun hindari menampilkan koleksi parfum anda di lorong kamar atau beberapa ruangan lain yang terkena sinar matahari. Tetap simpan kumpulan parfum anda di dalam lemari untuk ditampilkan hanya pada teman-teman terdekat dan keluarga anda. Untuk lebih memudahkan, anda membutuhkan sebuah lemari kaca besar dengan bahan utama kayu yang kokoh dan memiliki kunci. Rapikan kembali setelah anda membersihkan atau memakainya, dan kunci kembali setiap kali anda selesai membuka lemari.

Jangan lupa untuk menggunakan parfum dengan bijaksana agar tidak impulsif sehingga parfum anda tetap bertahan hingga lima tahun. Namun jika suatu kali anda menghabiskan beberapa parfum dengan aroma paling favorit, anda selalu bisa mengoleksi botol-botolnya yang stunning dan eksklusif!

Mungkin semua ini terdengar terlalu detail, namun itulah yang harus anda lakukan untuk menyimpan koleksi mahal dan delicate seperti parfum.

(Berbagai sumber)

SHARE