Wing Chun, What??

0
38

.Seni bela diri Kung Fu adalah sesuatu yang sudah ada sejak lama, dan sampai sekarang masih diakui kehebatannya. Bagai sebuah tradisi, praktik olah tubuh ini diturunkan dari sang guru ke muridnya, dari generasi ke generasi. Ada banyak sekali gaya dan alirannya, tergantung pada daerah dan periode ketika sebuah aliran dikembangkan. Gerakan-gerakannya diciptakan untuk memaksimalkan potensi manusia dalam mempertahankan diri, dan seringkali terinspirasi dari gerakan atau gaya pertarungan binatang. Wing Chun adalah salah satunya.

Salah satu aliran Kung Fu dari daerah Cina Selatan ini tak hanya membawa manfaat dalam menjaga bentuk dan stamina badan, namun di luar itu, Wing Chun juga mengajarkan sebuah filosofi yang membawa pencerahan dan kesadaran akan kesejajaran, tentang tidak memandang rendah orang lain.

Wing Chun secara harfiah berarti “nyanyian musim semi” atau “musim semi abadi”. Sistem pertahanannya lebih mengutamakan reflek dan kecepatan, bersifat sistematis dan efisien. Seni bela diri ini paling tepat digunakan dalam pertarungan jarak dekat, dengan gerakan yang meliputi tendangan, menangkis, serangan beruntun, tinju, menjebak, dan mengontrol teknik. Gerakannya halus dan tidak menggunakan power karena awalnya ilmu beladiri ini diperuntukkan bagi perempuan.

Seni bela diri ini diciptakan oleh kepala biarawati Ng Mui di kuil Gunung Daliang. Suatu hari dia melihat pertarungan antara ular dan burung bangau, kemudian Ng Mui mengambil pelajaran dari pertarungan antara kedua hewan itu dan mengkombinasikannya dengan kungfu Shaolin untuk menciptakan kungfu dengan gaya baru. Ng Mui mengajarkan ilmu pertamanya pada Yim Wingchun, putri seorang tukang tahu yang karena kecantikannya akhirnya dipaksa menikah oleh Jenderal militer setempat. Sistem pertahanan diri ini bekerja baik untuk Yim Wingchun, dan dia pun mulai menurunkannya pada mereka yang berminat untuk mempelajarinya. Pemakaian nama Wing Chun dimulai dari sini.

Wing Chun memiliki banyak cabang karena biasanya masing – masing guru mempunyai beberapa murid yang akhirnya menyebar ke penjuru dunia. Namun dari semua cabang Wing Chun yang ada, cabang Ip Man lah yang paling terkenal dan berkembang pesat sampai mancanegara. Film Ip Man yang dibintangi oleh Donie Yen adalah kisah hidup sang tokoh Wing Chun legendaris ini. Selain Ip Man, nama-nama seperti Bruce Lee, Nicolas Cage, Robert Downey Jr., serta Samuel Kwok adalah beberapa nama yang ikut mempopulerkan seni bela diri ini.

Marcell Siahaan juga telah beberapa waktu ini mempelajari Wing Chun. Berawal dari sebuah hobi baru yang mengisi sela-sela aktifitas berkarya, kini dia dengan serius menekuninya, terutama setelah merasakan manfaat dan filosofinya. Marcell sendiri menjalani proses belajar Wing Chun melalui berbagai media, terutama memanfaatkan kecanggihan tekhnologi dengan korespondensi lewat telepon, email, dan video. Dia juga beberapa kali mengikuti kelas dan seminar hingga ke Singapura, Malaysia, HongKong, dan bahkan Australia. Sepertinya ada satu hal yang belum dilakukan oleh Marcell, yaitu mempraktekkan falsafah “tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina”.  

(Berbagai sumber) 

SHARE