30 Tahun Beastie Boys

0
98

.Masih ingat dengan single happening (You Gotta) Fight For Your Right (to Party)?? Meskipun single itu kini hampir berusia 24 tahun, namun masih terdengar segar dan begitu relevan dengan perkembangan zaman. Di industri musik hip-hop yang rotasinya begitu kencang -artis cepat sekali datang dan pergi, dan by the way, kemana perginya JaRule dan Sisqo si Thong Song??- sepertinya tak ada artis hip-hop yang menikmati kesuksesan komersial dan kritikal sedahsyat dan selama Beastie Boys. Lebih hebatnya lagi, mereka kulit putih.

Beastie Boys adalah sebuah legenda dalam budaya pop Amerika. Trio hip hop asal Brooklyn, New York, ini beranggotakan Mike D (Michael Diamond), MCA (Adam Yauch), dan Ad-Rock (Adam Horovitz). Seandainya Beastie Boys adalah sebuah band, maka kisahnya kurang lebih sama seperti kisah band-band lainnya di planet ini. Untung mereka bukan sebuah band.

Semua berawal ketika di suatu musim panas di tahun 1981 seorang remaja bernama Adam Yauch mengajak teman sepermainannya -John Berry, Kate Schellenbach dan Michael Diamond- untuk membuat sebuah band punk. Ide memberi nama “Beastie Boys” sendiri dilontarkan oleh John Berry setelah dia melihat film The Fog karya John Carpenter. Dengan kombinasi Adam Yauch sebagai basis, Kate Schellenbach di bagian drum, John Berry memegang gitar, dan Michael Diamond di vokal, Maka resmi sudah band itu terbentuk. Gig pertama Beastie Boys adalah pesta ulang tahun ke-17 Adam Yauch yang diselenggarakan di rumah John Berry. Agar terdengar keren, empat orang remaja ini mencoba merangkai kata-kata yang bisa dijadikan singkatan untuk kata “Beastie” yang terdengar payah. Akhirnya mereka sepakat dengan “Beings Entering Anarchistic States Towards Internal Excellence” sebagai definisi band ini. Dalam kasus Beastie Boys, nama mereka benar-benar menunjukkan kondisi mereka saat itu: sekelompok remaja puber yang resah mencari eksistensi.

Setahun kemudian nama mereka sudah terdengar lumayan dan cukup diperhitungkan dalam scene musik lokal. Pada tanggal 13 November 1982 mereka perform di acara ulang tahun Philip Pucci, salah satu sutradara film underground yang happening saat itu, dengan penampilan dari The Young and the Useless sebagai band pembuka. Nama mereka mulai terkenal dan sudah memiliki jadwal manggung di tempat-tempat trendy, seperti CBGB dan Max. Mereka bahkan juga sudah merekam sebuah mini album berjudul Pollywog Stew yang kelak menjadi salah satu benda berharga, saksi dan dokumentasi awal scene musik hardcore di kota New York. Namun di tahun itu John Berry memutuskan untuk keluar dari Beastie Boys. Posisinya kemudian digantikan oleh Adam Horovitz dari The Young and the Useless. Tahun 1982 adalah tahun yang cukup berwarna bagi Beastie Boys. Tahun yang juga menandai awal perkenalan mereka dengan cinta sejati mereka, yaitu musik hip hop. Single “Cooky Puss” adalah single hip hop Beastie Boys yang pertama, yang mereka buat setelah melakukan sebuah prank call pada Carvel Ice Cream. Single ini sukses luar biasa di club-club underground di kota New York.

Kedatangan Rick Rubin dapat diartikan sebagai sebuah mala petaka, atau sebaliknya, sebuah berkah. Produser musik dari Def Jam record ini mendekati tiga anggota Beastie Boys dan menawarkan sebuah konsep baru bagi mereka, yaitu meninggalkan pakaian punk rock mereka selama ini dan hijrah ke jalur hip hop. Sejak awal Rick Rubin memang hanya mengincar Adam Yauch, Michael Diamond, dan Adam Horovitz, dan meninggalkan Kate Schellenbach karena dia tak melihat potensi gadis ini di hip hop industry. Setelah beberapa kali merilis album dan menjadi artis pembuka bagi Madonna, Run DMC, dan LL Cool J, nama Beastie Boys sebagai trio pendatang baru dalam industri musik hip hop mulai mendapat perhatian. Namun baru di tahun 1986 lah nama Beastie Boys benar-benar mencuri perhatian. Album Licensed to Ill yang mereka buat di akhir tahun menjadi sebuah perbincangan dan berbuah review menyenangkan dari majalah Rolling Stone, dengan sebuah headline yang kini jadi andalan “Three Idiots Create a Masterpiece”. Licensed to Ill menjadi album dengan penjualan terbaik di sepanjang dekade 1980an, dan menjadi album hip hop pertama yang merajai tangga Billboard album chart, bertahan lebih dari satu bulan. Sampai hari ini, album Licensed to Ill adalah album Def Jam yang paling cepat terjual, dengan single (You Gotta) Fight for Your Right (To Party!) menduduki posisi #7 di Billboard Hot 100, dan videonya yang konyol dan ceria luar biasa menjadi salah satu video panduan bagi MTV dalam berevolusi. Sejak saat itu, Beastie Boys bersama MTV menjalin sebuah hubungan yang tak terpisahkan.

Kini 30 tahun telah berlalu. Telah banyak anugerah dan musibah yang menghampiri trio asal Brooklyn ini, termasuk penyakit kanker yang menyapa salah satu anggotanya. Baru-baru ini MCA a.k.a Adam Yauch merilis sebuah statement sebagai tanggapan atas kabar yang diberitakan oleh BBC. Yauch berkata, “Saya bangga dan bahagia atas semua energi positif yang orang-orang berikan kepada saya setelah mereka mendengar bahwa saya sudah terbebas dari penyakit kanker. Sayangnya saya masih menderita kanker dan masih dalam perawatan. Namun saya tetap optimis dan berharap bahwa berita saya terbebas dari kanker bisa benar benar terjadi, dan semoga tidak lama lagi”.

Di tahun 2009, ketika Beastie Boys sedang menyiapkan peluncuran album Hot Sauce Committee Part 1, Adam Yauch didiagnosa menderita kanker yang menyebabkan band ini harus membatalkan semua rencananya, sementara Yauch melalui hari-hari dalam proses recovery. Kabar kesembuhan Yauch berasal dari salah satu anggota Beastie Boys, yaitu Michael Diamond alias Mike D, yang memberitakan kabar tersebut dalam sebuah sesi interview bersama penyiar radio BBC. Mike D juga berkata bahwa Beastie Boys sudah siap beraksi dengan sebuah album baru – Hot Sauce Committee Part 2, yang isinya mirip dengan Hot Sauce Committee Part 1 yang batal mereka rilis- dan mungkinan akan menggelar sebuah tur. “Namun tentu saja kami harus tetap melakukan dialog dan tawar menawar dengan kondisi kesehatan Yauch”. Mike D juga mengatakan bahwa Beastie Boys sedang mengkonsep sebuah video baru. “Sebenarnya ini bukan sebuah video, melainkan sebuah film-eo. A Beastie’s cinematic short film“. Kemungkinan besar mereka sedang menggarap “Fight For Your Right Revisited”, sebuah proyek yang menjadi sekuel atas video klip musik”(You Gotta) Fight for Your Right (to Party!)” mereka yang legendaris. Seth Rogen, Elijah Wood, Will Ferrell, dan Danny McBride adalah beberapa nama yang kabarnya terlibat dalam proyek yang akan melakukan debutnya di Sundance Film Festival tahun ini. So, guys, are you ready to fight for your right to party??

(Berbagai sumber)

SHARE