Belajar Dari Kamar Tidur

0
38

.Memiliki anak merupakan suatu anugerah yang dinanti-nanti banyak orangtua. Bagi Anda yang sedang menggebu-gebu karena bersemangat dan antusias dalam mempersiapkan kelahiran seorang anak, maka ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, kamar tidur bayi.

Seni Pada Dinding
Dinding dapat menjadi media seni yang cukup memuaskan. Selain menyenangkan untuk Anda berkreasi, jadikan pula dinding sebagai jembatan untuk menghantarkan kehidupan baru sang bayi melalui penglihatannya.  Ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan untuk menghias dinding, yakni dengan membubuhkan lukisan dinding yang terbuat langsung dari tangan, stiker yang dapat dilepas, foto-foto berpigura, ataupun gambar-gambar dari cerita yang ada di buku anak-anak. Lukisan dinding tidak hanya dapat diciptakan secara profesional dengan melukis penuh seluruh dinding. Cukup dengan kesederhanaan melukis beberapa bintang kecil atau kupu-kupu beterbangan, si kecil pun akan terhibur. Lengkapi pula dengan warna dan tektur-tekstur yang bervariasi. Jangan lupa memasang foto wajah-wajah seluruh anggota keluarga, agar si kecil dapat mengenal keluarganya sejak dini.

Gantungan Tempat Tidur
Pada usia beberapa minggu setelah kelahirannya, si kecil tidak dapat melihat lebih jauh dari jangkauan 10 inci. Hiasan yang digantung di atas boks bayi akan menjadi hiburan tersendiri baginya. Seiring daya penglihatannya berkembang, ia akan serasa mendapat kejutan menarik setiap hari dengan melihat gantungan-gantungan lucu di atasnya tersebut. Akan lebih baik lagi bila Anda memilih memasangkan gantungan yang dilengkapi dengan suara ataupun musik yang dapat berbunyi ketika berputar. Musik baik untuk perkembangan otak anak, setuju? Pilihan lain adalah menghadiahkan si kecil gantungan hasil karya tangan Anda sendiri. Bisa dengan menggantungkan berbagai lipatan origami berbentuk binatang atau bunga, foto-foto keluaga dengan berbagai macam warna, gambar alam, dan masih banyak lagi.

Lampu
Terkait dengan kemampuannya dalam melihat, Anda bisa turut membuat poses belajarnya menjadi lebih menyenangkan dengan melingkupinya dalam cahaya lampu. Gunakan lampu tidur yang menyala redup. Hindari menyalakan lampu utama. Cukup dengan bergantung pada kampu tidur kecil pada kamar tidur saat Anda hendak memberinya susu pada tengah malam ataupun mengganti popoknya. Lakukan hal-hal tersebut tanpa benar-benar membangunkannya. Cahaya yang menciptakan efek bayangan pada tembok akan terlihat menakjubkan bagi si kecil.

Meski belum dapat berpikir dengan sempurna, si kecil sudah mulai ‘belajar’ akan sesuatu hal sejak lahir. Mulailah dengan memperhatikan ruang ‘kelasnya’ yang pertama, kamar tidur bayi!

(Berbagai sumber)

SHARE