Rahasia Menaklukkan Papan Dart a la Phil Taylor

0
2467

.Kalau selama ini Anda mengira bahwa dart hanyalah permainan melempar anak panah, yang hanya butuh sedikit doa dan usaha maka Anda dapat menaklukkan papan sasaran dan membuat teman Anda terpesona, well, sepertinya Anda salah besar. Karena ternyata dart adalah sebuah permainan serius yang memiliki seperangkat aturan, bahkan ada sebuah organisasi khusus bernama World Dart Federation (WFD) sebagai induknya.

Meskipun tak ada sejarah tertulis yang dapat membuktikannya, namun konon jenis olahraga ketangkasan ini berasal dari aktifitas yang dilakukan oleh para prajurit Eropa dalam mengisi rasa bosan mereka dengan mengadu kemampuan dalam melemparkan tombak ke pusat barel wine. Waktu berjalan dan permainan inipun diadopsi oleh masyarakat awam dengan inovasi terbaru berupa penggunaan cincin pada batang pohon sebagai target sasaran.

Di zaman modern seperti saat ini, dart tak hanya sekedar menjadi permainan bar, namun juga telah dipertandingkan secara internasional. Salah satu jagoan dart yang paling terkenal mungkin adalah Phil Taylor. Nama aslinya Philip Douglas Taylor, lahir tanggal 13 Agustus 1960 di Inggris, dan menyandang julukan ‘The Power’ setelah memenangkan lebih dari 150 turnamen dan 15 kejuaran dunia. Kabar baiknya adalah, Phil Taylor mau membagi teknik briliannya kepada Anda. Ini dia rahasia menaklukkan papan dart a la Phil Taylor:

1. Mulailah dengan mencari dart yang tepat. Kalau tinggi Anda sekitar 180 cm, maka Anda memerlukan dart seberat 22 gram; tinggi badan sekitar 175 cm, maka carilah dart yang berbobot 24 gram. Phil sendiri tingginya sekitar 170 cm dan dia menggunakan dart seberat 26 gram. Poin utamanya adalah makin tinggi tubuh Anda, maka makin ringan dart yang seharusnya Anda lemparkan.

2. Phil selalu mengambil ancang-ancang sebelum melemparkan dartnya. Dia berdiri tepat di depan pusat sasaran, menarik garis imajiner, menyambungkannya ke kakinya, dan menariknya ke atas sampai berada di fokusnya. Setelah garis itu sudah dirasa lurus dan fokus, maka Phil baru akan melemparkan dartnya.

3. Pertahankan posisi kepala Anda dalam keadaan tegap, tidak berayun ke depan-belakang. Dengan pandangan fokus pada sasaran, tarik lengan Anda, bidik, tarik lagi, dan lemparkan. Bereksperimenlah dengan lemparan Anda untuk mengetahui seberapa besar tenaga yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah lemparan lurus.

4. Saat sedang bermain lempar dart, cobalah untuk selalu berkonsentrasi karena pikiran yang terfokus akan membuat Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menang. Konsentrasi, latihan -dalam kasus Phil berarti berlatih 2 jam per hari selama 25 tahun- dan dedikasi adalah kunci Anda dalam menaklukkan papan dart. Ingat… tarik, bidik, dan lempar ke pusat sasaran.

(Berbagai sumber)

SHARE