Sauna di Rumah Sendiri

0
445

.Satu lagi fasilitas yang harus ditambahkan di rumah atau halaman rumah Anda, yakni ruangan sauna. Mengapa harus pergi ke suatu tempat khusus yang cukup jauh, bila bisa membuat sendiri ruang sauna di tempat tinggal pribadi Anda?

Sauna menjadi suatu jenis perawatan tubuh yang cukup digemari dewasa ini. Hanya dengan duduk, Anda bisa mengeluarkan seluruh kotoran dan racun dari dalam tubuh melalui keringat yang dipaksa keluar oleh panasnya suhu ruangan. Selain itu, semakin banyak orang menggunakan fasilitas sauna untuk menghibur klien penting atau sekedar pilihan bersenang-senang yang menenangkan bersama teman.

Halaman belakang rumah bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk membuat ruangan sauna atau dengan membongkar dan merenovasi kamar mandi yang dilengkapi dengan ruang sauna. Seorang arsitek di Amerika, Leslie Khan menghabiskan dana kurang lebih sekitar $5 ribu untuk membuatnya. Bila ditambah dengan biaya perombakan keseluruhan kamar mandi, maka akan mencapai lebih dari $12 ribu.

Tidak sulit membuat ruangan ini. Dari keseluruhan fasilitas spa yang lain, ruang sauna paling mudah dibuat. Sumber panas didapatkan hanya dengan menempatkan batu-batu kali ke dalam dan ke atas pemanas listrik. Bila Anda terpikir untuk membuat ruang sauna di tempat terbuka (outdoor), maka siapkan tungku pembakaran kayu. Gunakan kayu berkualitas bagus untuk pembakaran tersebut.

Kayu yang ringan akan lebih tahan menghadapi drastisnya perubahan suhu dan kelembaban yang terjadi. Untuk menciptakan ruang sauna dengan kelembaban yang tinggi, tambahkan percikan air ke atas bebatuan. Simple.

Merubah sebuah ruangan menjadi tempat sauna berkapasitas dua orang akan memakan biaya sekitar Rp. 30 juta, belum termasuk pemasangan. Untuk Anda yang menginginkan ruangan yang lebih luas hingga sanggup menampung 4-7 orang, maka siapkan dana Rp. 45-80 juta. Memang benar tidak repot, tapi mahal, ya?

(Berbagai sumber)

SHARE