Teror dan Horor dalam Vietnam War

0
31

.Konflik bersenjata yang menimpa Vietnam, Laos, dan Kamboja dari tanggal 1 November 1955 hingga takluknya Saigon di tanggal 30 April 1975 memang telah lama berlalu. Namun teror dan trauma yang ditinggalkan masih terasa, bahkan hanya dengan melihat koleksi fotonya. Ketika Henri Huet meninggal dunia di umur 43 tahun dalam sebuah kecelakaan helikopter di Laos pada tahun 1971, fotografer Associated Press ini membagi salah satu memori -dan koleksi- paling menyedihkan dalam kisah perang Vietnam.

Huet lahir di Vietnam dengan ayah seorang insinyur Perancis dan ibu gadis Vietnam. Dia menjejakkan kaki kembali ke tanah kelahirannya sebagai seorang fotografer yang datang bersama rombongan prajurit perang. Koleksi fotonya dikenal oleh masyarakat dunia tak hanya sebagai penanda akan apa yang terjadi di Vietnam saat itu, namun juga memberikan sudut pandang baru bagi masyarakat dunia -dan Amerika- dalam melihat konflik bersenjata tersebut.

Anda dapat menyaksikan berbagai dokumentasi kemanusiaan tersebut dalam pekan pameran fotografi yang diselenggarakan oleh La Maison Europeenne de la Photographie di Paris. Semua koleksi foto dan pemberitaan yang telah dilaporkan oleh Henri Huet untuk kantor berita Associated Press, termasuk foto ikonik Thomas Cole yang dalam kondisi mata dibebat perban masih menjalankan tugasnya sebagai paramedis perang, dapat Anda saksikan mulai tanggal 9 Februari hingga tanggal 3 April nanti. Pameran ini juga menjadi peringatan atas 40 tahun kematian Heri Huet, sang pencerita keadaan. Perang -dulu maupun sekarang, Vietnam ataupun Irak- selalu menjadi sebuah tragedi kemanusiaan yang hanya menyisakan kesedihan dan penderitaan.

(Berbagai sumber)

SHARE