Benahi Kamar Tidur Anda!

0
42

.Sebuah kamar tidur yang sempurna akan berhasil membuat penghuninya tertidur pulas. Bila Anda bangun pagi hari dan merasa tidak segar, bahkan merasa sakit di beberapa bagian tubuh, maka mungkin ada yang salah dengan kamar tidur Anda.

Perhatikan seluruh ruangan. Apakah Anda melihat televisi di situ? Kamar yang baik tidak seharusnya menjadi lokasi penempatan televisi. Televisi, remote control, pemutar DVD, dan seperangkat video game adalah salah satu sumber kekacauan. Benda-benda tersebut tidak seharusnya ditempatkan di kamar tidur, karena fungsi utama kamar tidur adalah menjadi ruangan senyaman dan serileks mungkin untuk menenangkan pikiran dan menghantarkan tidur. Singkirkan benda-benda tersebut dari kamar tidur dan bersiaplah meluncur mulus ke alam mimpi!

Hal di atas serupa dengan mengganggunya suara handphone. Bila Anda tipe orang yang selalu membiarkan telepon genggam menyala semalaman hingga Anda terbangun di pagi hari, maka hentikanlah kebiasaan tersebut. Sebelum tidur, matikan atau matikan telepon genggam. Bila hanya ingin mengaturnya pada profile ‘silent‘, maka ingatkan diri sendiri untuk mematikan fungsi getar. Dering telepon di tengah malam akan memaksa otak yang telah rileks kembali bekerja dan membangunkan tubuh. Ini akan sangat mengganggu, jika Anda bukan orang yang dapat kembali tidur dengan cepat setelah tiba-tiba terjaga. Siap-siap bangun siang, deh!

Selain suara, tatanan kamar tidur juga menjadi aspek rasa nyaman pada tubuh. Usahakan membuat kamar selalu rapi dengan meletakkan seluruh barang pada tempatnya dan membuang barang-barang yang telah tidak terpakai.

Lemari Anda tidak bisa ditutup? Bukan karena rusak, melainkan terlalu banyak baju tersimpan di dalamnya. Saatnya menyortir. Buatlah daftar parameter yang akan menentukan Anda untuk tetap menyimpan baju berdasarkan kebutuhan dan kesukaan Anda. Keluarkan baju-baju yang sudah kekecilan, tidak dibutuhkan, dan tidak disukai. Sumbangkan kepada mereka yang lebih membutuhkan. Orang lain terbantu, lemari pun bisa kembali ditutup.

Begitu pula dengan buku. Pasti tidak nyaman, donk, tidur memakai bantal buku? Kalau memang mengganggu, maka ambil buku-buku yang berserakan di lantai, tempat tidur, dan meja kerja Anda! Kembalikan buku-buku tersebut ke dalam rak lemari dengan teratur. Sekarang coba naik ke tempat tidur. Terasa lebih leluasa dan nyaman, kan, membaringkan tubuh tanpa harus berbagi tempat dan ‘tertusuk’ sudut-sudut buku?

(Berbagai sumber)

SHARE