Demam 11-1-11 di Florida

0
57

.Sebuah musium senilai 36 Juta US Dollar baru saja dibuka di St. Petersburg, Florida. Acara ramah tamah, seni dan budaya ini dihadiri oleh para creme de la creme, termasuk Ratu Cristina dari Spanyol. Apa yang membuat musium ini begitu istimewa, terlepas dari nilainya yang mencengangkan itu??

Berlokasi di 1000 Third Street South St. Petersburg, Florida, musium yang memiliki desain modern dengan permainan sudut dan bidang kaca ini diberi nama The Dali Museum, dan menjadi satu-satunya musium dengan koleksi maha karya Salvador Dali terbanyak di luar kawasan Eropa.
 
Sebanyak 2.140 karya, termasuk lukisan cat minyak sebanyak 96 buah, menghiasi tiap sudut bangunan yang total memiliki luas sekitar 6.173 m2. Proyek rancang bangun musium ini dikerjakan oleh Hellmuth, Obata dan Kassabaum dari HOK Architect, dengan inspirasi berupa bentuk surealis dalam lukisan dan patung karya Salvadore Dali. Mengingat bangunan ini menjadi rumah bagi koleksi maha karya yang tak ternilai harganya, maka rancangannyapun dibuat sangat kuat, bahkan sanggup menahan gempuran badai dan angin topan hingga level 5. Benteng seni ini memiliki atap yang terbuat dari beton setebal 40 cm, sedangkan dindingnya 45 cm.

Meskipun bangunannya dibuat sekokoh karang, namun tetap harus memiliki penampakan yang menawan dan sanggup mencuri perhatian. Salah satu caranya adalah dengan merangkai 900 keping kaca dalam bentuk triangular yang didisusun hingga membentuk sebuah igloo setinggi 14 meter. Panel kaca yang mempesona ini dibuat secara khusus, dimana masing-masing kepingan memiliki bentuk yang berbeda sehingga membutuhkan ketelitian dan imajinasi dalam merangkainya. Hasilnya sungguh luar biasa dan trio HOK Architect inipun dianugerahi the Novum Structures Design Excellence Award berkat pengerjaan proyek musium ini.

Dan setelah menjalani proses pembangunan selama hampir tiga tahun, musium ini pun resmi dibuka tepat pada tanggal 11 Januari 2011, jam 11 lebih 11 pagi. Anda juga diundang untuk datang dan bergabung bersama pecinta seni lainnya untuk mengagumi seni bangunan dan surealisnya koleksi karya Salvadore dali.

(Berbagai sumber)

SHARE