FIFA Ballon d'Or 2010 Gala

0
55

.FIFA Ballon d’Or 2010 yang merupakan gabungan dari penghargaan FIFA World Player of The Year Award dan France Ballon d’Or, diadakan di Zurich Kongresshaus, Swiss kemarin (10/01). Penghargaan ini diberikan berdasarkan prestasi yang diraih selama tahun 2010, serta divoting oleh para kapten dan pelatih dari tim nasional pria dan wanita serta perwakilan media.

Presiden FIFA Joseph S.Blatter membuka perhelatan ini dengan pidato singkat, sebelum mengundang Francois Moriniere (CEO France Football) naik ke atas panggung untuk membuka video highlights sepak bola sepanjang 2010.

Ketika tiba waktunya pemberian penghargaan, Marco Van Basten (mantan penyerang Belanda, tiga kali sebagai pemain terbaik Eropa dan pemain terbaik dunia tahun 1992) membacakan penghargaan untuk FIFPro World XI 2010 (pemain terbaik berdasarkan posisinya yang dipilih oleh para anggota FIFPro). Para pemenangnya adalah:

  • Kiper: Iker Cassilas (Real Madrid)
  • Pemain bertahan: Maicon (Inter), Lucio (Inter), Gerard Pique (Barcelona) dan Carles Puyol (Barcelona)
  • Pemain tengah: Wesley Sneijder (Inter), Xavi (Barcelona) dan Andres Iniesta (Barcelona)
  • Penyerang: Cristiano Ronaldo (Real Madrid), David Villa (Barcelona) dan Lionel Messi (Barcelona)

Selanjutnya penghargaan untuk FIFA Fair Play Award dibacakan oleh legenda sepak bola Afrika Lucas Radebe. Penghargaan ini jatuh kepada tim sepak bola wanita Haiti U-17 yang tetap menjalankan kewajibannya untuk bertanding walaupun negaranya terkena bencana gempa bumi di bulan Januari 2010.

Kemudian Vicente del Bosque (pelatih tim nasional Spanyol) menyampaikan penghargaan untuk kategori FIFA World Coach of the Year for Women’s Football yang jatuh kepada Silvia Neid (pelatih tim nasional sepak bola wanita Jerman). Sedangkan untuk FIFA World Coach of the Year for Men’s Football diberikan kepada Jose Mourinho (pelatih Inter/Real Madrid).

Selanjutnya, Presiden FIFA memberikan penghargaan untuk kategori FIFA Presidental Award kepada Archbishop Desmond Tutu dari Afrika Selatan atas kontribusinya untuk kesuksesan Piala Dunia 2010.

Kemudian berikutnya adalah penghargaan yang merupakan hasil dari pilihan pecinta sepak bola dunia yaitu FIFA Puskas Award, penghargaan yang diberikan untuk gol terbaik 2010, dan pemenangnya adalah Hamit Altintop (Turki). Lucunya ketika sudah sampai di panggung, host tidak memegang piala untuk diberikan. Host kemudian mengungkapkan bahwa ada seseorang yang ingin bertemu dengan Hamit dan orang itu ternyata Andrei Sidelnikov, penjaga gawang Kazakhstan yang dia bobol. Wow, twist, twist!

Dua kategori terakhir siap untuk dibacakan, yakni penghargaan untuk FIFA Women’s World Player of the Year yang diberikan kepada Marta (Brasil) dan penghargaan yang paling ditunggu yaitu pemenang FIFA Ballon d’Or 2010. Dari tiga kandidat yakni Andres Iniesta (Spanyol), Lionel Messi (Argentina) dan Xavi Hernandez (Spanyol), akhirnya Pep Guardiola didampingi Blatter dan Moriniere mengumumkan Lionel Messi sebagai pemenangnya..

(Berbagai sumber)

SHARE