Kapsulisasi Akomodasi

0
57

.Entah kandungan dalam makanan apa yang dikonsumsi oleh orang Jepang hingga mereka bisa terlihat begitu imajinatif, inovatif, jenius, dan begitu avant-garde dibanding kita semua. Ketika orang Jepang berhadapan dengan suatu masalah, mereka selalu bisa meloloskan diri dan datang dengan sebuah solusi dalam bentuk yang paling trendy. Begitu juga ketika para usahawan Jepang terpentok dengan mahalnya harga tanah dan bangunan di negeri Sakura ini, mereka hadir dengan sebuah konsep akomodasi dengan bentuk yang unik, bernama hotel kapsul.

Di Jepang, hotel model ini pertamakali muncul di kawasan Osaka pada tahun 1979, di desain oleh arsitek Kisho Kurokawa. Dan kalau Anda mendengar kisah dibalik pembuatan hotel ini, Anda mungkin akan merasa tersentuh dan ingin memberikan hadiah Nobel pada mereka. Para pengelola hotel kapsul ini ingin memberikan akomodasi yang layak dan simpel bagi para samurai bisnis Jepang yang terkenal begitu giat bekerja hingga batas wajarnya. Kadang mereka baru selesai setelah lewat tengah malam, dan ketika mau pulang ke rumah pun sudah terlanjur ketinggalan kereta. Untung ada kapsul hotel di sana. Begitu juga dengan mereka yang datang ke Jepang untuk waktu yang singkat. Sebuah meeting, perjalanan bisnis, atau mungkin liburan penuh petualangan, mereka dapat menikmati berbagai akomodasi hotel kapsul yang tersebar di Tokyo.

Sebuah bangunan hotel kapsul biasanya terdiri dari dua bidang utama, yaitu area komunal yang meliputi lounge dan kamar mandi, serta sebuah area prifat yang berupa deretan ruang tidur berbentuk tabung kapsul. Di 9 h Hotel Capsule Kyoto, Anda akan mendapatkan sebuah pengalaman kapsulisasi akomodasi yang menawan. Berangkat dari konsep kemewahan dalam ruang yang terbatas, 9 h menawarkan kesempurnaan dalam waktu istirahat Anda melalui berbagai pendekatan canggihnya. Sistem tata cahaya dikerjakan oleh Panasonic Matsushita Electric, bed linen dengan kualitas dan standar hotel bintang 4, dan air mineral murni dalam kemasan botol yang di datangkan langsung dari kaki Gunung Fuji.

Dalam bahasa aslinya sana, hotel ini dikenal dengan nama Nainawasu. Lokasinya sangat strategis, di Jalan Teramachi, kawasan Shimogyo-ku, Kyoto. Untuk mempermudah para tamunya, pengelola hotel 9 h sengaja memilih lokasi tetap diantara Fujii Daimaru departemen store, supermarket AMPM, dan hanya berjarak 2 menit dari stasiun kereta Kawaramachi. Dengan tinggi bangunan sebanyak 9 lantai, hotel kapsul ini mampu mengakomodasi hingga 125 tamu. Desain kapsulnya sendiri dibuat unik, terkesan edgy dan futuristis dengan mengadopsi bentuk kokpit pesawat. Bagi Anda yang ingin merasakan arus kehidupan Jepang dalam bentuknya yang paling edgy, Anda bisa mencoba sensasi hotel kapsul ini.

(Berbagai sumber)

SHARE