Sarapan Yok!

0
32

.Ada pepatah bilang Win the morning and you win the day, jadi siapkan diri Anda sejak pagi sebelum mulai beraktivitas setiap harinya. Saking terburu-burunya berangkat ke kantor, sering kali kita melupakan makanan terpenting tiap hari yaitu sarapan. Jarak dari rumah ke tempat bekerja kadang membuat kita melewatkan sarapan di rumah sehingga terpaksa sarapan di tempat kita beraktivitas.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim gizi dari University of Minnesota, melewatkan sarapan adalah hal yang merugikan karena akan mendorong Anda mengubah kebiasaan makan. Selain itu rasa lapar di pagi hari bisa berakibat kurangnya kemampuan tubuh menentukan cukup tidaknya makanan yan masuk, menyebabkan kelelahan dan rasa gelisah.

Sarapan itu Penting!

Selain bisa menunjang konsentrasi sepanjang hari, kita juga mendapatkan energi yang cukup untuk menampilkan kerja yang prima. Menu sarapan tidak perlu selengkap makan siang, karena jika terlalu kenyang di pagi hari dapat menyebabkan kantuk dan sakit perut.

Ibarat mobil, tubuh Anda memerlukan makanan sebagai bensin. Saat kita tidur selama 7-8 jam, tubuh tetap bekerja menggerakkan organ-organ lainnya. Proses tersebut menghabiskan banyak energi, maka jangan heran ketika Anda bangun, tubuh sebenarnya sedang dalam keadaan ‘mogok’ sehingga perlu sarapan untuk bahan bakar menjelang siang hari.

Sarapan dan Diet

Banyak anggapan keliru bahwa melewatkan sarapan saat berdiet dapat membakar lebih banyak kalori. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah rasa lapar ganda yang nantinya membuat Anda makan lebih banyak dari porsi biasanya. Selain itu hampir dipastikan sambil menuju makan siang, Anda pun mengemil. Tidak ada salahnya dengan camilan, tapi usahakan Anda ngemil buah-buahan.

Sarapan ketika diet justru sangat dianjurkan karena asupan serat, gizi dan protein ke tubuh dapat menekan lonjakan rasa lapar saat makan siang. Pemahaman keliru lainnya adalah berdiet sama dengan mengurangi makanan yang dikonsumsi. Sulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh bila Anda melewatkan makan atau hanya makan sedikit.

Sarapan dengan Kombinasi yang Tepat

Makanlah sarapan dengan kombinasi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang sesuai. Misalnya nasi dengan sayur, atau sereal dengan buah-buahan, agar tubuh Anda akan mendapat nutrisi yang seimbang. Awali hari Anda dengan sarapan agar lebih siap menghadapi berbagai tantangan. Lengkapi dengan suplemen sebagai tambahan, bila dirasa perlu.

(Berbagai sumber)

SHARE