Bangun! Jangan Malas!

0
30

.Tahukah Anda, beranjak dari meja kerja dapat mengurangi risiko serangan jantung? Jadi jangan bermalas-malasan di kursi kebesaran Anda dan bangkit, sapalah kawan-kawan dan ngobrol santai dengan mereka sesekali. Tidak butuh banyak waktu kok, luangkan saja 1-3 menit, hampiri mereka dan bicarakan tentang apapun.

Menurut penelitian, orang yang suka beranjak dari tempat duduknya paling tidak satu menit kelebihan berat badan dan tekanan darah tinggi. Mereka juga mengurangi risiko fatal sakit jantung.

Satu lagi hasil penelitian, kabarnya orang yang berdiri minimal dua jam sehari memiliki lingkar pinggang lebih kecil dan tekanan darah lebih rendah.

Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara 4.757 orang dewasa selama seminggu penuh. Setiap responden menggunakan sebuah alat kecil yang dipasang dipinggang, accelerometer, untuk menghitung jumlah langkah yang mereka habiskan dalam satu hari.

Ukuran Lingkar pinggang, tekanan darah dan kandungan reaktif-C dalam darah mereka seringkali tinggi. Hasil yang sama juga dialami oleh penderita sakit jantung.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari University of Queensland, Australia dan hasilnya sudah diterbitkan oleh European Heart Journal. Kesimpulannya adalah orang yang sering istirahat atau beranjak dari tempat duduknya mempunyai lingkar pinggang 4cm lebih kecil daripada yang tidak pernah bergerak.

(Berbagai sumber)

SHARE