10 Famous Fashion Advices From Coco Chanel

0
75

.Coco Chanel pernah berkata, “Fashion fades, only style remains the same.” Meski telah wafat pada Januari tahun 1971, namun barisan kalimat bijak dan prinsipnya bertahan di hati setiap wanita hingga sekarang. Dia adalah sosok legendaris yang percaya bahwa kesederhanaan adalah keindahan dan kenggunan adalah sesuatu yang abadi. Berikut ini 10 saran hebat Coco Chanel tentang mode dan wanita:

1. “Luxury must be comfortable, otherwise it is not luxury.”
Baik pakaian casual maupun eveningwear dari Chanel selalu mengutamakan kenyamanan sehingga tak menghalangi gerakan. Kitten heels, long strap bags, sleeveless blouse, fitted jacket khas rumah mode asal Perancis ini ditujukan untuk membuat wanita merasa bahwa kenyamanan adalah suatu keharusan yang bernilai tinggi.

2. Pants? Why not!
Coco Chanel adalah inspirasi pertama dan terbesar yang memunculkan celana untuk para wanita. Saat seluruh wanita terdoktrin dengan korset dan rok panjang, Coco membebaskan penderitaan mereka dengan celana panjang yang slim dan sleek. Ide brilian ini awalnya mendapat kritik keras namun akhirnya diterima dan berkembang menjadi celana yang lebih pendek yang dikombinasikan dengan expensive classic jacket untuk siang hari, dan flare pants yang glamour dan populer saat dipakai oleh Marlene Dietrich.

3. Skirt should covering knees.
Pada saat remaja, Coco Chanel menganggap lutut perempuan bukanlah sesuatu yang indah untuk ditampilkan, maka ia memutuskan untuk menyembunyikannya dibalik pakaian. Itulah sebab mengapa label Chanel mengeluarkan beberapa koleksi rok midi atau rok selutut untuk wanita karir. Mayoritas rok-rok Chanel berpotongan straight dan tight yang sangat feminin dan elegan.

4. Little Black Dress is a must.
Coco Chanel memperkenalkan LBD pada tahun 1926 dan ini adalah hadiah termanis sepanjang masa bagi semua wanita di dunia. LBD adalah gaun yang dapat dikenakan baik siang maupun malam, seksi, chic dan versatile serta mudah dipadukan dengan berbagai aksesoris dan perhiasan. Jika sebelumnya warna hitam dianggap berkabung dan menyeramkan, namun setelah Chanel muncul, hitam menjadi warna favorit yang klasik dan stylish.

5. Feminine and masculine at the same time.
Pada era Mademoiselle Coco di tahun 1920-an, rambut dengan potongan bob, siluet boyish dan mata yang berbinar menjadi sangat terkenal. Coco meminjam pakaian milik kekasih-kekasihnya dan memakainya untuk tampilan yang nyaman dan edgy namun tetap anggun. Coco kemudian merancang segala sesuatu mulai dari sweater hingga mantel wol ala pangeran Westminster dan sailor striped vests yang diberi aplikasi manik-manik dan bebatuan yang cantik. Seperti yang pernah Coco bilang, “Fashion is architecture: it is a matter of proportions.

6. Soft jackets.
Pada tahun 1925 Coco merancang jaket pertama untuk wanita dengan garis desain yang lembut dan tidak menghalangi gerakan. Ini adalah gebrakan baru di dunia mode dan tekstil untuk memunculkan jaket yang lentur dan nyaman bagi wanita modern. Chanel mengeluarkan koleksi jaket dalam bahan delicate silk dengan lengan sempit sehingga jatuh ditubuh wanita dengan sempurna.

7. Say yes to accessories.
Coco mencintai aksesoris dan perhiasan. Dia memakai banyak aksesoris yang menarik dengan desain feminin untuk melengkapi gaun-gaunnya yang sederhana, mulai dari kalung mutiara, manik-manik dari ruby, emeralds dan semiprecious stones, cameo brooch, hingga beret hat atau bowler hat yang dipakainya tepat jatuh diatas alis.

8.Two-toned shoes are stylish.
Chanel sangat menjunjung tinggi warna hitam dan putih, terkadang abu-abu juga banyak muncul. Sepatu atau sandal yang hadir dalam dua warna seperti hitam dan putih bukanlah sesuatu yang mengejutkan lagi. Coco percaya bahwa sepatu bisa membuat wanita terlihat lebih seksi, dan itu tak dibatasi dengan hanya satu warna saja. Koleksi sepatu Chanel begitu chic dan classy, sesuai dengan kalimat yang pernah diluncurkan Coco, “A woman with good shoes is never ugly. They are the last touch of elegance.?

9. Shoulder bag is the best.
Coco adalah penganut setia kenyamanan dan keamanan didalam bergaya. Tak mengherankan jika quilted bag Chanel dengan tali rantai masih diburu hingga kini, selain dapat dipakai untuk businesslady ataupun untuk acara santai, tas ini adalah salah satu tas yang paling berkelas di seluruh dunia.

10. “A women who doesn’t wear perfume has no future.”
Parfum memiliki kepentingan yang sama dengan pakaian. Coco mengatakan bahwa wanita harus selalu menggunakan parfum untuk tampil cantik dan dicintai pria. Pada tahun 1922, Chanel merilis Chanel No. 5, sebuah wewangian feminin dengan botol persegi klasik yang membuat wanita maupun pria tergila-gila. Chanel No.5 menjadi salah satu parfum termahal hingga kini.

(Berbagai sumber)

SHARE